JAGUARNEWS77.com // Bandung, Jawa Barat -  Polrestabes Bandung menyatakan laga tunda Persib Bandung dan Persija Jakarta pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 mulai diizinkan. Laga tersebut akan dilakukan pada Rabu (11/1/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat.


Plt Wakapolrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono mengatakan, personel kepolisian tetap dipersiapkan untuk melakukan pengamanan pertandingan berjuluk El Clasico Indonesia. Dia memastikan pertandingan itu dapat dihadiri penonton dari suporter tuan rumah.


"Ini sudah masuk ke putaran kedua, tapi ada laga di putaran pertama yang tertunda. Sehingga kita rapatkan hari ini dengan jadwal yang sudah ditentukan yaitu tanggal 11 Januari," kata Asep dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023). 


Menurutnya pengamanan laga tersebut bakal mengacu kepada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 10 Tahun 2022. Oleh karenanya, dia memastikan tidak ada anggota polisi yang membawa senjata api dan gas air mata.


"Tetap, steward dari panitia penyelenggara ada di ring 1 pengamanan. Tapi polisi juga tidak lepas melakukan pengawasan," ujarnya. 


Di samping itu, dia juga memastikan tidak ada pendukung Persija yang boleh hadir ke Stadion GBLA pada laga tersebut. Karena, kata dia, penonton yang dapat hadir adalah yang telah membeli tiket untuk laga yang semula hendak digelar pada 2 Oktober 2022.


"Digantikan yang baru. Sesuai dengan teman-teman yang sudah membeli online itu akan kembali mengambil tiket yang baru," ucapnya. 


Laga Persib dan Persija yang seharusnya digelar pada 2 Oktober 2022 itu ditunda karena adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022. Kemudian PSSI menjadwalkan laga itu bisa digelar pada 11 Januari 2023. (Sumber : KBRN/Red)