JAGUARNEWS77.com // Denpasar, Bali - Wilayah Kabupaten Karangasem kembali diguncang dua kali gempa tektonik, Rabu (14/12/2022), pukul 15.39.29 WITA, dan 15.40.18 WITA. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami.


Hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa memiliki parameter gempa pertama Magnitido 4,4 dan gempa kedua Magnitudo 4,5. Episenter gempa pertama terletak pada koordinat 8,22° LS; 115,57° BT, kedua terletak pada koordinat 8,24° LS; 115,58° BT.  


Gempa pertama berlokasi di laut pada jarak 15 Km timur laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 Km. Kedua berlokasi di laut pada jarak 13 Km timur laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 Km.


Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores (Flores Back Arc Thrust).


Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho mengatakan, guncangan dirasakan di wilayah Karangasem III MMI. Mataram dan Lombok Barat II-III MMI, serta Denpasar, Gianyar, Kuta, Klungkung, Tejakula, dan Lombok Utara II MMI.


Gempa merupakan susulan dari gempa utama Magnitudo 5,2. Hingga pukul 16.00 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 64 aktivitas gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4,6.


Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tidak dapat dipertanggungjawabkan. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 


Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Sumber : rri.co.id (Red)