• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Diam-diam Aung San Suu Kyi Diadili Sampai Pengacara Tak Mengetahui

    18/02/21, 11:39 WIB Last Updated 2021-02-18T04:39:53Z
    Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi Ditahan Dalam Penggerebekan. Apa yang Terjadi?
    Aung San Suu Kyi (Foto: ABC Australia)

    JAGUARNEWS77.com # Naypyitaw, Myanmar - Sidang pemimpin de-facto Myanmar,Aung San Suu Kyi, yang ditahan sejak kudeta pada 1 Februari dilangsungkan secara rahasia tanpa diketahui dan tidak dihadiri oleh pengacaranya sendiri. Suu Kyi dihadirkan di pengadilan melalui video conference.


    Seperti dilansir New York Times, Rabu (17/2/2021), pengacara Suu Kyi, U Khin Maung Zaw, menuturkan dirinya tidak mengetahui bahwa sidang untuk kliennya telah dimulai. Saat dia bergegas ke pengadilan pada Selasa (16/2) sore waktu setempat, sidang telah selesai digelar, kurang dari satu jam.


    Persidangan untuk Suu Kyi telah dimulai pada Selasa (16/2) waktu setempat secara tertutup dan secara rahasia.Suu Kyi dihadirkan via video conference, demikian juga Presiden U Win Myint yang ditahan dan dilengserkan dari jabatannya dalam kudeta militer.

    Persidangan kedua pemimpin Myanmar itu, sama seperti kasus hukum lainnya di negara tersebut, dipenuhi berbagai penyimpangan. Awalnya Khin diberitahu bahwa sidang kliennya akan digelar Senin (15/2) waktu setempat.


    Kemudian dia mendapat informasi bahwa sidangnya ternyata akan digelar Rabu (17/2) waktu setempat. Namun pada Selasa (16/2) siang, pukul 11.00 waktu setempat, U Khin tiba-tiba mendapat pemberitahuan bahwa Suu Kyi dihadirkan via video conference di pengadilan Naypyitaw.


    "Waktunya sepertinya mereka tidak ingin perhatian publik dalam kasus ini," sebut U Khin yang seorang pengacara HAM veteran di Myanmar.


    Persidangan selanjutnya akan digelar pada 1 Maret mendatang dan bahwa proses persidangan bisa memakan waktu enam bulan hingga setahun. Lebih lanjut, U Khin mengaku mulai menyusun pembelaan untuk Suu Kyi, namun dia hanya bisa menyampaikannya jika diizinkan mewakili kliennya dalam sidang tertutup itu.


    Dia menjelaskan bahwa meski Suu Kyi didakwa mengimpor walkie-talkie secara ilegal, diketahui bahwa alat komunikasi itu digunakan oleh tim keamanannya yang ditugaskan oleh Kementerian Dalam Negeri Myanmar yang dikuasai militer.


    Tonton video 'Lautan Manusia Protes Kudeta Militer di Myanmar':




    "Pertanyaan itu menjadi pertanyaan pertama yang akan saya tanyakan ke pengadilan jika saya memiliki kesempatan," cetus U Khin.


    "Mari kita lihat bagaimana mereka akan menjawabnya," tandasnya.


    Persidangan Tertutup


    Dalam persidangan, Suu Kyi dan U Win Myint menghadapi dakwaan-dakwaan tidak jelas. Suu Kyi didakwa melanggar undang-undang impor, setelah walkie-talkie dan perlengkapan asing lainnya ditemukan di kediamannya.


    Dia juga didakwa melanggar undang-undang penanggulangan bencana alam, karena berinteraksi dengan kerumunan selama pandemi virus Corona (COVID-19). Dakwaan kedua untuk Suu Kyi itu tidak diungkap ke publik hingga pekan ini.


    Sedangkan U Win Myint didakwa melanggar undang-undang penanggulangan bencana alam. U Win Myint yang pernah menjadi jaksa Pengadilan Tinggi sebelum menjabat Presiden ini, akan mewakili dirinya sendiri dalam sidang.


    Atas dakwaan-dakwaan itu, Suu Kyi dilaporkan terancam hukuman enam tahun penjara, sedangkan U Win Myint terancam hukuman tiga tahun penjara.




    Sumber : detiknews.com
    Reporter : Muhamad Alviyan
    Oleh : Redaksi jaguarnews77.com
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini