• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Jaga Kualitas Laik Hygiene, Lapas I Madiun Meningkatkan Kemampuan Petugas Dapur

    03/05/23, 17:12 WIB Last Updated 2023-05-03T10:12:56Z
    JAGUARNEWS77.com // Madiun, Jawa Timur - Salah satu hak yang dimiliki oleh warga binaan pemasyarakatan adalah mendapatkan makanan dan minuman yang laik hygiene. 


    Menjaga kualitas makanan untuk para warga binaan supaya makanan yang disajikan bersih dan memiliki cita rasa yang baik menjadi salah satu prioritas Lapas I Madiun.

    Untuk menjaga kualitas makanan yang disajikan, Petugas Dapur Lapas I Madiun setiap hari mengontrol dan mengawasi proses pengolahan makanan.


    Proses pengolahan bahan makanan dilakukan dengan mengikuti SOP yang berlaku.


    Sebelum diolah, bahan makanan dicuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir.
    Dalam pengolahan bahan makanan, juru masak menggunakan APD berupa apron dan penutup rambut.
    Sebelum mengolah makanan, juru masak wajib mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun & air mengalir.


    Makanan yang sudah diolah tersebut kemudian disajikan kepada para warga binaan dengan menggunakan ompreng.


    Masih dalam kesempatan yang sama, pelaksana pengawas dapur Ade Bagus menjelaskan bahwa para WBP yang bekerja didapur juga telah diarahkan untuk menyapu lantai dan membersihkan tempat bahan makanan yang akan di olah nantinya.


    Kabid Pembinaan Narapidana Budi Ruswanto mengatakan bahwa jajaran Seksi Perawatan terus berkomitmen dalam penerapan dapur hygiene dengan senantiasa menjaga kebersihan area atau tempat memasak serta peralatan memasak yang digunakan.
    "Mulai dari kebersihan kotak makan, peralatan memasak serta lingkungan dapur seperti lantai dan dinding menjadi perhatian kami. Hal ini sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam penerapan dapur higienis," ungkap Budi.


    "Kegiatan kebersihan dan perawatan dapur ini merupakan rutinitas dan sudah menjadi suatu kewajiban yang harus selalu diterapkan dalam pengolahan makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas I Madiun," papar Budi.


    Ia juga menambahkan, kegiatan kontrol dapur dilakukan bertujuan untuk menjaga kualitas makanan yang dimasak dan disajikan untuk warga binaan tetap hygiene.
    "Dapur Lapas I Madiun sudah tersertifikasi Laik Hygiene oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, hal ini menjadi bukti keseriusan kami untuk menjaga kebersihan dan kelayakan makanan bagi para warga binaan," terangnya. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini