JAGUARNEWS77.com // Lombok Timur - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap, dengan terpilihnya kembali Anwar Usman akan menjadikan Mahkamah Konstitusi (MK) lebih baik dan adil. Adapun Hakim Konstitusi Anwar Usman resmi menjabat sebagai Ketua MK periode 2023 – 2028.


“Harapannya ke depan, tentu kita semua (mengharapkan MK) lebih baik dan lebih adil. Sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Wapres saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Tasyakuran Hari Jadi Ke-70 Nahdlatul Wathan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/3/2023).


Terpilihnya kembali Anwar Usman, ungkap Wapres, telah melalui rangkaian prosedur yang berlaku di MK, sehingga hendaknya dapat diterima semua pihak. “Ini kan dipilih secara langsung dan mengikuti prosedur," ucapnya. 


Namun, kata Wapres, apabila ada yang mempermasalahkan terkait prosedur pemilihan tersebut. Wapres menegaskan bahwa pemerintah sebagai lembaga eksekutif tidak dapat ikut campur. 


“(Terkait) tata cara itu. (Mungkin) DPR bisa melihat kembali apa yang mesti diperbaiki,” kata Wapres.  


Hakim Konstitusi Anwar Usman terpilih sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023-2028. Ini setelah Anwar meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara yang digelar di gedung MK, Jakarta, Rabu (15/3/2023).


Ini merupakan masa jabatan kedua Anwar. Sebelumnya Anwar menjabat sejak 2 April 2018.


Sebelumnya pada pemungutan suara putaran pertama, Anwar dan Hakim Konstitusi Arief Hidayat masing-masing meraih empat suara. Berdasarkan tata cara, dilakukan pemungutan suara putaran kedua.


Pada putaran kedua, keduanya kembali sama-sama meraih empat suara. Barulah pada putaran ketiga, Anwar meraih suara terbanyak, yaitu lima suara, sedangkan Arief meraih empat suara.(Sumber : KBRN/Red)