JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sakidin meminta proses pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR) dokter dipermudah. Sebab, banyak dokter yang mengeluh perihal proses perizinan yang terlalu rumit.


Budi mengatakan STR dokter yang diperpanjang setiap lima tahun sekali tersebut, memakan biaya administrasi yang sangat mahal. Tidak sedikit, dokter yang merogoh koceknya hingga jutaan rupiah.



"Saya mau hal ini dibuat sederhana, jangan terlalu banyak perizinannya dan dimurahkan. Tadi saya sudah dengar keluhan para dokter mesti bayar jutaan untuk memperpanjang STR," kata Budi kepada wartawan di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jumat (17/03/2023).



Lebih lanjut, Budi menanyakan terkait STR dokter kepada Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono. Dalam hal ini, Dante menyebutkan perizinan STR dokter memang terlalu panjang.



"Saya sudah tanya sama dokter Dante yang juga Wakil saya gimana perizinan STR dokter. Kemudian, dokter Dante menjawab proses perizinannya tuh terlalu complicated, panjang dan ribet," ucapnya.



Budi menginginkan perihal pengurusan STR dokter untuk diserderhakan dan tidak diperumit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.



"Kita ingin meningkatkan layanan kesehatan masyarakat untuk itu hal ini harus dipermudah. Ya nanti ya kami mau sederhanakan dan kita permurah (biaya)," ujarnya. (Sumber : KBRN/Red)