JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Sebanyak 1.713 personel Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengamankan jalannya demo hari ini, Rabu (25/1/2023) di kawasan Gedung DPR. Aksi demo ini akan dilakukan oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI). 


"Polda Metro mengamankan dengan libatkan 1.713 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi, Rabu (25/1/2023). Para pengendara diimbau agar tertib dalam lalu lintas. 


Serta menghargai hak-hak masyarakat secara umum untuk bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar. "Polri akan mengamankan untuk memberikan pelayanan dalam penyampaian pendapat saudara saudara dari elemen Persatuan Perangkat Desa Indonesia," tuturnya.


Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan bahwa situasi arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto pagi ini terpantau padat imbas demo tersebut.


Untuk saat ini, jalur yang digunakan hanya jalur TransJakarta. Terdapat pengalihan arus lalu lintas dari Semanggi menuju Slipi.


"Saat ini hanya jalur busway yang digunakan. Tapi karena massanya cukup banyak, mungkin dialihkan. Sekaligus diinformasikan ke masyarakat yang dari arah Semanggi ke Slipi, dibelokkan ke arah gerbang pemuda," katanya.


Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya telah merancang skema pengalihan arus lalu lintas (lalin) di sekitaran kawasan gedung DPR/MPR RI. Berikut skema pengalihan arus lalu lintas di sekitaran gedung DPR/MPR RI dilansir Twitter Polda Metro:


1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan mengarah Gedung DPR/MPR dibelokkan kiri ke Jalan Gerbang Pemuda


2. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang akan mengarah Jalan Gerbang Pemuda ditutup, diluruskan arah Semanggi


3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua diluruskan ke arah tol Tomang


4. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda yang akan mengarah Gedung DPR/MPR diputar balik di kolong layang farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda kembali


5. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda yang akan mengarah Jalan Gelora dibelokkan kiri ke Jalan Asia Afrika


6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda yang akan mengarah Jalan Gelora dibelokkan ke kiri ke Jalan Asia Afrika


7. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur yang akan mengarah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar


8. Apabila terjadi kepadatan bus di pintu 10 yang akan parkir di Gelora Bung Karno (GBK), maka sebelum simpang susun Semanggi dibelokkan ke kiri arah Bundaran Senayan dan diarahkan masuk melalui pintu 7 GBK.

(Sumber : KBRN/Red)