JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pewarganegaraan (naturalisasi) terhadap Shayne Elian Jay Pattynama sudah diterbitkan. Ia adalah calon pemain Tim Nasional (Timnas) yang akan memperkuat skuad Indonesia.


Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Menurutnya, proses selanjutnya, pria kelahiran Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998 itu akan diambil sumpahnya. 


Pengambilan sumpah akan dilakukan di Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta. Ia berharap kehadiran Shayne akan menambah kekuatan Timnas Indonesia dalam berbagai pertandingan ke depannya.


"Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Kita berharap proses ini bisa segera termasuk perpindahan dari Asosiasi Sepakbola Eropa ke Asosiasi Sepakbola Asia," kata Menpora Amali.


Shayne Elian Jay Pattynama merupakan pemain yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas. Namanya diajukan PSSI untuk dinaturalisasi karena memiliki garis keturunan Indonesia. 


Pattynama sebelumnya juga mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR yang membidangi hukum dan Komisi X yang membidangi olahraga. Pria berusia 23 tahun ini memiliki darah Indonesia dari ayah kandungnya yang dikatakan berasal dari Semarang, Jawa Tengah. 


Karir Shayne Pattynama sebagai pemain sepak bola di skuad senior dimulai pada 2017 ketika ia bergabung bersama Utrecht. Saat ini, Shayne berposisi sebagai bek kiri untuk klub divisi utama Liga Norwegia, Viking. (Sumber : KBRN/Red)