• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Kapolda Banten Pimpin Apel Sinergi Tiga Pilar dan Launching Ulama Kamtibmas

    22/12/22, 07:30 WIB Last Updated 2022-12-22T00:30:19Z
    JAGUARNEWS77.com // Serang, Banten - Dalam rangka memelihara situasi Kamtibmas dan mensukseskan pembangunan nasional tahun 2022, Polda Banten menggelar apel sinergi tiga pilar dan launching Ulama Kamtibmas yang dilaksanakan di Lapangan Polda Banten pada Rabu (21/12).

    Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari dan dihadiri oleh ulama khatismatik Abuya Muhtadi, Pj Sekda Provinsi Banten M. Tranggono, Dandim 0602/Serang Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo, Pejabat Utama Polda Banten, para ulama dan seluruh peserta apel sinergi tiga pilar dan launching Ulama Kamtibmas.

    Dalam amanatnya Rudy mengatakan bahwa dinamika kehidupan masyarakat khusunya di Provinsi Banten saat ini berkembang sangat luar biasa, sehingga menimbulkan potensi-potensi kerawanan di wilayah Provinsi Banten. “Harkamtibmas bukan hanya tanggungjawab kepolisian tetapi kita semua sebagai lembaga negara dalam elemen masyarakat,” ucap Rudy.

    Apel 3 pilar dan launching Ulama Kamtibmas ini dilaksanakan untuk mengkonsolidasikan kembali serta menyamakan persepsi tugas 3 pilar dan Ulama Kamtibmas di tengah masyarakat, sehingga dapat berjalan dengan harmonis guna memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, serta mempercepat upaya pemulihan tumbuh ekonomi nasional. “Diharapkan 3 pilar dan ulama Kamtibmas dapat mengambil peran untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas dan kondusifitas pembangunan ditengah masyarakat,” ujar Rudy.


    Selain itu, Rudy menyebutkan bahwa tantangan tugas kedepan semakin berat, perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi sangat cepat sehingga banyak munculnya informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Perlu perhatian dan peran serta dari semua pihak untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan terkait tindak pidana, pembekalan agama, sehingga generasi muda kita tidak mudah terpengaruh hal-hal buruk dan bisa menjadi generasi pemimpin masa depan,” tambahnya.


    Kemudian Rudy juga menyampaikan bahwa Kepala Desa/Lurah juga harus mempunyai motivasi untuk menggerakkan ketahanan ekonomi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Keberadaan 3 Pilar dan Ulama Kamtibmas di desa-desa merupakan refleksi dari bukti hadirnya negara di tengah masyarakat dan dihadapkan dapat mengambil peran menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas Kamtibmas di Provinsi Banten,” kata Rudy


    Sementara itu, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto juga mengatakan bahwa ulama Kamtibmas adalah mitra Polri yang mempunyai kemampuan untuk memberikan dakwah atau siraman rohani agama Islam yang berkaitan dengan Kamtibmas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat, ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan. “Sinergitas yang baik sangat diperlukan antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan Ulama Kamtibmas agar terwujud dan terbangun pola kerjasama dan koordinasi yang ideal sehingga ada kesepahaman dan keterpaduan dalam melaksanakan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan di daerah,” tutup Sofwan. (Humas Polda/Bardha).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini