• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Gubernur Banten Resmikan Jembatan Ciberang Akses ke Negeri di Atas Awan

    28/03/22, 16:19 WIB Last Updated 2022-03-28T09:19:18Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan Jembatan Ciberang di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, yang dihempas banjir bandang pada 2020. Jembatan itu merupakan akses menuju lokasi wisata Negeri di Atas Awan Lebak.


    Jembatan ini diklaim punya kekuatan hingga 50 tahun. Wahidin mengatakan jembatan ini hancur akibat banjir bandang dan longsor pada awal 2020 hingga membuat warga kesulitan menyeberang, khususnya ke lokasi wisata Negeri di Atas Awan.


    "Saya bilang, masyarakat tidak ada pilihan, saya bilang ke Arlan (Kadis PUPR), cepetan beresin, banyak masyarakat yang rugi secara ekonomi, pendidikan dan sosial," kata Wahidin saat meresmikan Jembatan Ciberang, Lebak, Senin (28/3/2022).


    Dia mengatakan jembatan ini dibangun dengan konstruksi tahan gempa dan banjir. Dia berharap jembatan ini bisa mempermudah aktivitas warga.


    "Ini untuk 50 tahun dan antigempa, semoga jembatan memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan," ujarnya.


    Kadis PUPR Arlan Marzan mengatakan Pemprov Banten mengeluarkan anggaran hingga Rp 250 miliar untuk ruas Cipanas-Warung Banten selama 2017-2022. Salah satunya untuk pembangunan Jembatan Ciberang yang memiliki panjang 80 meter.


    Pada 2020, jembatan ini hanyut tersapu banjir besar dan memutus akses warga. Total ada tujuh jembatan lain lebih pendek yang rusak dan titik longsor di sepanjang Cipanas-Warung Banten.


    Total pembangunan jembatan Ciberang dan jalan itu menghabiskan Rp 123 miliar. Saat ini, pekerjaan sudah tuntas dan hampir 100 persen jalan di Banten sepanjang 762 kilometer sudah lebih baik.


    "Jembatan satu-satunya akses mobilitas dan akses menuju Negeri di Atas Awan," jelasnya.


    Menurutnya, jembatan dibangun tanpa pilar tengah. "Ini direncanakan untuk mengamankan struktur jembatan jika ada banjir di Ciberang," ujarnya.


    Artikel ini telah tayanh didetiknews, dengan judul : "Gubernur Banten Resmikan Jembatan Ciberang Akses ke Negeri di Atas Awan" (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini