• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    MenPAN-RB Tjahjo Kumolo: Tak Ada Penerimaan CPNS Selama 2 Tahun, Kecuali Akpol dan Akmil

    07/07/20, 09:45 WIB Last Updated 2020-07-07T02:46:30Z

    menpan-rb-tjahjo-kumolo-tak-ada-penerimaan-cpns-selama-2-tahun-kecuali-akpol-dan-akmil
    Menpan RB Tjahjo Kumolo sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah tidak akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam dua tahun ke depan.


    Namun demikian, hal tersebut tak berlaku sepenuhnya. Ada pengecualian. Untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer, tetap akan dilaksanakan.


    Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya, pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu.


    "Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7).


    Tjahjo menjelaskan, tak diadakannya penerimaan CPNS selain imbas virus corona atau Covid-19, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan.


    Tak hanya itu, Tjahjo menambahkan langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.


    "Tahap ini kami target selesai akhir tahun," ujarnya.


    Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan, meski
    penerimaan CPNS hingga 2021 ditiadakan, namun pemerintah tetap melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019 yang proses pelaksanaannya tertunda akibat pandemi Covid-19.

    Rencananya, penyelenggaraan tes tersebut akan dilanjutkan pada Agustus 2020. Adapun kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020.


    Meski begitu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga saat ini belum menentukan tanggal pasti pelaksanaan SKB CPNS akan digelar.


    Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan proses tes SKD sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak 1 Juli 2020.


    "Kalau tanggalnya belum. Kalau sekadar ancar-ancar sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober," ujar Prayono.


    Adapun keputusan tes SKB paling cepat digelar mulai Agustus 2020 diambil pada Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 yang berlangsung Selasa, (19/5) melalui Video Conference.


    Namun, hal itu tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan terkait pandemi Covid-19 di Indonesia.


    Nantinya, dalam pelaksanaan tes SKB CPNSBKNberupaya agar itu dapat dilakukan secara langsung alias tidak melalui online.


    Sejalan dengan rencana tersebut, BKN akan memastikan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan.


    Sumber : kompastv

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini