JAGUARNEWS77.com // New Delhi, India - Uni Afrika (UA) resmi menjadi anggota tetap G20, yang terdiri dari negara-negara terkaya dan terkuat di dunia. Penjelasan tersebut disampaikan Perdana Menteri India Narendra Modi pada pertemuan puncak KTT G20 di New Delhi, Sabtu (9/9/2023).

Uni Afrika merupakan badan kontinental yang beranggotakan 55 negara di benua tersebut. Status Uni Afrika kini sama dengan Uni Eropa, yang sebelumnya merupakan satu-satunya blok regional dengan keanggotaan penuh G20. 

Status Uni Afrika di G20 semula adalah "organisasi internasional yang diundang". Modi mengajak UA, yang diwakili Ketua Azali Assoumani, duduk di meja para pemimpin G20 sebagai anggota tetap.

“Saya merasa terhormat menyambut Uni Afrika sebagai anggota tetap Keluarga G20," ujarnya, dikutip Reuters pada Sabtu (9/9/2023). Menurut Modi, hal ini akan memperkuat G20 dan suara negara-negara Selatan.

Penetapan Uni Afrika sebagai anggota tetap G20 diusulkan Modi pada Juni 2023. Kelompok G20 sebelumnya terdiri dari 19 negara ditambah Uni Eropa. 

Anggota G20 mewakili sekitar 85 persen  PDB global dan lebih dari 75 persen perdagangan dunia. Selain itu juga tercatat mewakili sekitar dua pertiga populasi jagat raya. (Sumber : rri.co.id/Red)