• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Sebagai Langkah Preventif Cegah Gangguan Keamanan, Ketertiban dan Beredarnya Narkoba, Lapas Kelas I Madiun kembali Laksanakan Penggeledahan Rutin

    24/05/23, 22:02 WIB Last Updated 2023-05-24T15:02:00Z
    JAGUARNEWS77.com // Madiun, Jawa Timur - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun kembali melaksanakan penggeledahan rutin sebagai langkah preventif pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah beredarnya Narkoba dan barang terlarang di dalam Lapas. Kegiatan ini sebagai upaya dalam rangka pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di dalam Lapas/Rutan maka perlu dilakukan deteksi Dini terkait pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban. dan juga ditegaskan 3+1 kunci untuk Pemasyarakatan Maju. “Deteksi Dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas Narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) serta Back To Basic menjadi kunci Pemasyarakatan Maju.

    Artinya setiap Petugas Pemasyarakatan, khususnya Kepala UPT, harus mampu mendeteksi dini setiap kendala yang mungkin akan terjadi di unit tempatnya bekerja. Layaknya inteljen, juga harus mampu memprediksi kendala yang mungkin terjadi di lingkungan tempat bekerja sehingga mampu menyiapkan strategi yang harus dilakukan apabila kemungkinan terburuk terjadi. Salah satu bentuk dari implementasi dari pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban yang dimaksud yakni pelaksanaan razia penggeledahan blok/kamar hunian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan untuk meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

    Pada hari ini Selasa tanggal 24 Mei 2023 pukul 08.30 Wib setelah Apel Pagi dilanjutkan dengan pelaksanakan kegiatan sidak penggeledahan gabungan internal yang berlokus pada kamar hunian warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Madiun yang diakhiri dengan test urine oleh Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Lapas, bersama Pejabat Struktural dan jajaran yang dilaksanakan secara insidentil.


    Tujuan penggeledahan dan test urine ini untuk memastikan dan menekan masuknya barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas. Ini merupakan bentuk komitmen Kalapas dan jajaran Lapas Kelas I Madiun untuk mencegah dan menekan masuknya barang-barang terlarang  kedalam Lapas Kelas I Madiun.


    Kepala Lapas memberikan pengarahan untuk WBP agar tidak menyembunyikan dan atau menyimpan benda larangan di dalam Lapas, apabila WBP menyimpan benda larangan untuk segera melaporkan kepada petugas. Kegiatan penggeledahan ini dilaksanakan pada lokus yang telah ditentukan dengan mengeluarkan seluruh penghuni agar tidak berada di dalam kamar hunian sehingga tim yang melakukan sidak dapat mendapatkan hasil yang maksimal. 


    Setelah melakukan penggeledahan dilanjutkan, pengarahan lebih lanjut oleh Ka KPLP, Ka. Bid KAMTIB dan Ka. Bid Pembinaan yang dalam arahannya menghimbau WBP untuk tetap manjaga kesehatan dan kebersihan baik kebersihan diri, kamar, dan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit. Serta test urine oleh WBP yang ditunjuk secara acak. Penggeledahan berjalan lancar, aman dan tidak ditemukan barang-barang yang dilarang masuk kedalam Lapas yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas I Madiun (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini