• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Kepada Seluruh Pemangku Kepentingan, Ini Empat Langkah Sistematis yang Disampaikan Wapres

    30/05/23, 14:11 WIB Last Updated 2023-05-30T07:11:11Z

    Wapres K.H. Ma'ruf Amin. (Foto: dok. BPMI Setwapres)

    JAKARTA
    , JAGUARNEWS77.COM - Wapres K.H. Ma’ruf Amin secara virtual menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta, Selasa (30/5/2023).


    Dalam acara yang bertema “Talent Management 2030: Smart, Agile, Empathy”, Wapres menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, empat langkah sistematis di bidang pemerintahan dalam mendorong manajamen talenta sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik menuju transformasi pembangunan Indonesia Emas 2045.


    Pertama, perkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional. Wapres menilai, dengan langkah tersebut dapat memetakan kendala yang dihadapi, khususnya dalam empat tahun terakhir ini, baik di tingkat nasional maupun daerah,” urai Wapres.


    Kedua, rumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan, utamanya di aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan,” terang Wapres.


    “Ketiga, para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus agar dibekali dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, penyalahgunaan kewenangan, pola hidup sederhana serta memiliki kecerdasan emosional yang baik” papar Wapres.


    Keempat, Wapres menegaskan, melalui netralitas dan profesionalisme ASN dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya menghadapi Pemilu serta Pilkada 2024, saya minta agar kebijakan manajemen talenta nasional juga memperhatikan peran strategis Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai perekat dan pemersatu bangsa,” pungkas Wapres.


    Menutup sambutannya, Wapres pun menyampaikan harapan kepada BKN agar secara optimal dapat mengimplementasikan manajemen talenta dan memberikan apresiasi kepada seluruh ASN atas pengabdiannya yang telah diberikan kepada negara.


    “Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-75 kepada jajaran BKN. Semoga BKN dapat menjadi garda terdepan sekaligus motor penggerak pengelolaan manajemen talenta ASN yang berbasis digital,” harap Wapres.


    “Kepada seluruh ASN di seluruh pelosok negeri, saya sampaikan terima kasih atas kesungguhan, pelayanan, dan pengabdian yang telah diberikan,” pungkasnya.


    Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, menyampaikan bahwa dalam implementasi reformasi birokrasi yang terus berkembang sesuai perubahan zaman, diperlukan adaptasi tidak hanya dari sumber daya manusia yang terlibat, tapi juga dari proses bisnis dan sistem yang dijalani. Untuk itu, melalui forum Rakornas ini, dan dalam memasuki usia BKN yang ke-75 tahun, Bima menyatakan kesiapan jajarannya untuk memenuhi tantangan zaman ini untuk menghadirkan reformasi birokrasi yang semakin baik di Indonesia.


    “Kami memahami bahwa usia ini tentu membawa konsekuensi, harus lebih baik dalam dunia pelayanan, lebih bijak, lebih cepat, dan memahami apa yang diinginkan oleh ASN se-Indonesia. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan disini bisa bermanfaat,” ungkap Bima.


    Hadir pada acara ini diantaranya, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, serta para Pejabat Tinggi dari Kementerian/Lembaga/Daerah se-Indonesia. 


    Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas.

    Editor: Shendy Marwan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini