JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terus mendorong pemerintah meningkatkan alokasi dana desa menjadi 10 persen dari  APBN. "Kenaikan alokasi dana desa itu harga mati," kata Ketua Umum DPP Apdesi, Surta Wijaya, di Jakarta, Minggu (19/3/2023).


Bahkan, dia mengimbau perangkat desa seluruh Indonesia untuk tidak memilih parpol yang tidak mendukung usulan tersebut pada Pemilu 2024. "Ini dilakukan agar pemerintah dapat meningkatkan alokasi dana desa hingga mencapai 10 persen dari APBN," ujar Surta.   


Menurut dia, kenaikan alokasi dana desa itu sangat penting bagi perkembangan pedesaan. "Kami ingin desa juga maju seperti kota," kata Surta. 


Meski begitu, Apdesi akan tetap berkomunikasi dan berkomunikasi dengan pemerintah dan DPR agar usulan tersebut dapat direalisasikan. Surta juga menyatakan siap mengawal pemanfaatan dana yang diterima oleh desa.


"Kami akan mendesak aparat penegak hukum bertindak jika dana desa itu dikorupsi," ujarnya. Surta juga meminta warga desa seluruh Indonesia mengawasi perangkat desanya dari kemungkinan penyelewengan jabatan.


Usulan kenaikan alokasi dana desa itu diungkapkan Apdesi pada perayaan HUT ke-9 Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa. Acara ini diselenggarakan di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/2). (Sumber : KBRN/Red)