JAGUARNEWS77.com // Medan - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Aceh-Sumut tetap dilaksanakan pada September 2024. Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali di Medan, Rabu (8/2/2023).


Ia menjawab keraguan sejumlah kalangan karena pelaksanaan PON bersamaan dengan Pemilu 2024. Zainuddin mengatakan jangan sampai pelaksanaan Pemilu 2024 mengganggu agenda sektor lain, termasuk olahraga. 


 “(PON) jadi atau tidak, saya tegaskan dan putuskan melalui rapat kabinet terbatas pembukaannya tanggal 8 September 2024. Jadi, tidak ada perubahan apa-apa,” ucap Menpora saat membuka seminar olahraga dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Hotel Santika Dyandra Medan. 


"Banyak orang bertanya, ada Pemilu apakah kegiatan-kegiatan lain tetap berjalan? Saya kira Pemilu berjalan, tetapi kegiatan sektor lain harus tetap berjalan," katanya.  


“Tidak boleh pikiran kita semuanya tertuju ke urusan Pemilu. Bahkan, Pak Presiden telah memberikan arahan kepada saya bahwa saat Pemilu pun, kompetisi sepak bola Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 tetap harus jalan" kata Menpora. 


"Jadi, gak boleh, seolah-olah urusan negara ini cuma Pemilu dan semua konsentrasi kita terpusat di situ. Urusan olahraga tetap jalan, sekaligus ini relaksasi. Tegang-tegang Pemilu, kita tetap nonton olahraga,” ujar Zainuddin.


Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  mengatakan panitia PB PON terus melakukan percepatan kesiapan sebagai tuan rumah. Percepatan tersebut termasuk pembangunan lokasi cabor arena pertandingan yang diharapkan rampung Juni 2024.


“Peran pers sangat penting mulai perencanaan, persiapan, pelaksanaan, sampai dengan selesai acara. Peran pers juga bertanggung jawab demi suksesnya PON nanti,” ujar Edy.


Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian mengatakan akan ada renovasi kembali sejumlah tempat PON di tahun 2023 ini. Tempat tersebut seperti gedung bowling, GOR futsal, kolam renang Selayang, dan lapangan squash.


“GOR besar kita di kawasan Jalan Pancing kapasitasnya 15.000 penonton juga kita lengkapi seni artistik dan penambahan lampu. Untuk yang baru, kami akan bangun Stadion Madya atletik di Desa Sena, kemudian gedung martial art, dan gedung voli indoor,” kata Baharuddin. (Sumber : KBRN/Red)