JAGUARNEWS77.com // Jakarta -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang barang rampasan dua koruptor. Mereka adalah Direktur PT Arta Niaga Nusantara (ANN), Melia Boentaran dan Komisaris PT ANN, Handoko Setiono. 


Keduanya merupakan terpidana korupsi proyek peningkatan Jalan Lingkar Bukit Batu-Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, lelang akan dilaksanakan melalui KPKNL Surabaya dan KPKNL Pekanbaru. 


Lelang dilakukan dengan penawaran secara tertutup tanpa kehadiran peserta lelang (closed bidding). "Lelang ini berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) RI yang berkekuatan hukum tetap dengan Terpidana Melia Boentaran dan Handoko Setiono," katanya, Senin (16/1/2023).


Obyek lelang pertama yakni satu unit apartemen Graha Golf, Tower Alexa, yang terletak di Dukuh Pakis, Surabaya. Harga limit lelang apartemen tersebut mencapai Rp5,9 miliar dan uang jaminan Rp1 miliar.


Pelaksanaan lelang dilakukan, Kamis (26/1/2023) Januari 2023 dengancara penawaran closed bidding dengan mengakses www.lelang.go.id. Batas akhir penawaran 26 Januari 2022 dengan bea lelang pembeli 2 persen dari harga lelang.


"Tempat pelaksanaan lelang di KPKNL Surabaya Gedung Keuangan Negara (GKN) I Lantai 5, Jl Indrapura No 5, Kota Surabaya," ujarnya. Obyek lelang lainnya yakni satu bidang tanah dan bangunan berupa rumah type 150/182 dengan luas tanah 182 M2.


Rumah tersebut terletak di dalam komplek Abinaya Residence, Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau. Harga tanah dan rumah ini memiliki harga limit 931 juta dan uang jaminan Rp200 juta.


Kemudian barang lainnya satu bidang tanah dan bangunan berupa rumah type 90/168 dengan luas tanah 168 M2. Rumah ini terletak didaerah yang sama dengan rumah sebelumnya dengan harga limit Rp658 juta dan uang jaminan Rp150 juta.


Terakhir yakni dua bidang tanah dan bangunan dalam satu hamparan yang dijual dalam satu paket. Yaitu berupa rumah type 70/177 dengan luas tanah 177 M2 dan 60 M2 di dalam komplek Abinaya Residence.


Tanah dan bangunan tersebut memiliki harga limit sekitar Rp400 juta dan uang jaminan Rp100 juta. Lelang akan dilaksanakan pada Jumat, 27 Januari 2023 dengan cara penawaran cosed bidding mengakses www.lelang.go.id. 


"Pelunasan harga lelang lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang. Bea lelang pembeli 2 persen dari harga lelang," ujarnya.


"Tempat pelaksanaan lelang di KPKNL Pekanbaru Jl Jenderal Sudirman No 24 Pekanbaru," kata Ali. Diketahui, MA telah memutus dan menjatuhkan pidana pada keduanya masing-masing pidana badan 4 tahun penjara.


Selain itu keduanya juga dikenakan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan. M juga memutus terdakwa Melia Boentaran membayar uang pengganti sebesar Rp114,5 miliar. (Sumber : KBRN/Red)