JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah wilayah di Indonesia, berlaku untuk Senin (9/1/2023). Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengatakan, cuaca di sejumlah kota di Pulau Sumatra didominasi cuaca hujan dengan intensitas ringan.


Yuni menyebut kota-kota itu antara lain Padang, Pekanbaru, Palembang, Tanjung Pinang, dan Pangkal Pinang. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Medan. "Perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat di Kota Bandar Lampung dan Jambi," ujarnya.


Ia juga melaporkan bahwa cuaca di Kota Banda Aceh berawan. Kemudian, sejumlah kota di Pulau Jawa didominasi hujan dengan intensitas ringan, seperti di Kota Serang, Bandung, Semarang, dan Surabaya. "Perlu diwaspadai hujan disertai kilat/petir terdapat di Kota Yogyakarta," ucapnya.


Menurut Yuni, cuaca berawan juga terdapat di Ibu Kota Jakarta dan Denpasar. Sedangkan dua kota di Nusa Tenggara, yakni Mataram dan Kupang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.


Menurut dia, potensi hujan ringan juga diprakirakan terjadi di Kota Palangakaraya dan Banjarmasin di Pulau Kalimantan. "Perlu diwaspadai hujan disertai kilat/petir di Kota Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda," ujarnya.


Beralih ke Sulawesi, hujan disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di Kota Manado. Sementara kota lain seperti Palu, Gorontalo, dan Kendari diguyur hujan dengan intensitas ringan.


Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Makassar. "Perlu diwaspadai hujan di Kota Mamuju," ucapnya.


Sementara itu, sejumlah kota di Indonesia Timur seperti Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang. (Sumber : KBRN/Red)