JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Indonesia, berlaku Minggu (8/1/2023). Prakirawan BMKG Idhan Abubakar mengatakan, cuaca di Kota Banda Aceh diprakirakan berawan, dan Kota Pekanbaru berkabut. 


Sedangkan hujan ringan terdapat di Kota Tanjung Pinang, Padang dan Palembang.  Selain itu, hujan sedang diprediksi terjadi di Kota Pangkal Pinang dan Bengkulu.  


"Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir terdapat di Kota Medan, Jambi, dan Bandar Lampung," ujarnya. Kemudian, sejumlah kota di Pulau Jawa hujan dengan intensitas ringan.


Diprakirakan terjadi di Kota Serang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. "Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir diprediksi terdapat di Kota Bandung," ujarnya.


Selanjutnya, cuaca kota Denpasar diprediksi berawan. Selain itu, untuk Kota Mataram dan Kupang diprediksi hujan dengan intensitas ringan.


Menurutnya, hujan dengan intensitas ringan juga terdapat di kota-kota di Pulau Kalimantan. Seperti, di Kota Pontianak dan Palangkaraya. 


Lalu, potensi hujan lebat diprediksi terdapat di Kota Samarinda. "Perlu diwaspadai hujan disertai kilat, dan petir terdapat di Kota Banjarmasin dan Tanjung Selor," ucapnya.


Sementara itu, wilayah Sulawesi umumnya didominasi hujan dengan intensitas ringan. Seperti, di Kota Palu, Makassar, Gorontalo dan Kendari.


Sedangkan cuaca berawan diprediksi terdapat di Kota Manado. "Perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir terdapat di Kota Mamuju," ucapnya.


Untuk kota-kota di Indonesia Timur, sperti Kota Ambon, Manokwari dan Jayapura diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang terdapat di Kota Ternate. (Sumber : KBRN/Red)