JAGUARNEWS77.com // Virginia, Amerika Serikat - Penembakan kembali terjadi di lingkungan sekolah di Amerika Serikat, namun kali ini terduga penembak adalah seorang murid. Polisi menangkap seorang murid laki-laki berusia enam usai diduga menembak seroang guru di Negara Bagian Virginia, Sabtu (7/1/2023).


"Penembakan itu terjadi tak lama sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Di Sekolah Dasar (SD) Richneck, Kota Newport News," kata Kepala Kepolisian Steve Drew dilansir dari laman BBC, Minggu (8/1/2023).


Drew belum menjelaskan murid tersebut mendapatkan senjata yang digunakan. Tetapi, dia mengatakan, insiden itu bukan "penembakan yang tidak disengaja".


Guru--belum disebutkan namanya, disebut berusia 30-an. "Menderita luka-luka yang mengancam jiwa, dan telah dibawa ke rumah sakit setempat. Dan dirawat secara ketat oleh dokter," ujar Drew.


Dia mengatakan, insiden itu terjadi di ruang kelas satu. "Setelah terjadi pertengkaran di antara keduanya," kata Drew.


Drew menekankan, penembakan itu merupakan insiden tunggal, dan "tidak memiliki situasi penembakan massal di sekolah". Setahun belakangan, penembakan massal di lingkungan sekolah marak terjadi di Amerika Serikat.


Terkait jenis senjata, polisi setempat belum menjelaskan secara konkret. Mereka hanya mengatakan, terduga penembak menggunakan pistol.


"Ini mengerikan, hal seperti ini seharusnya tidak pernah terjadi. Kami ingin memastikan, hal seperti ini tidak terjadi lagi," kata Kepala Distrik Sekolah George Parker.


Para pejabat mengatakan, para siswa diperiksa secara acak dan tidak semua anak diperiksa. Padahal, sekolah tersebut memiliki fasilitas pendeteksi logam, dan jumlah murid 550.


"Sekolah akan ditutup, pada hari Senin mendatang. Kami berjanji, murid dan orang tua akan ditawari dukungan mengatasi peristiwa traumatis tersebut," ujar Drew.


Wali Kota Phillip Jones--baru menjabat tiga hari lalu, mengatakan penembakan itu menandai "hari kelam bagi Newport News". "Kami akan belajar dari ini, dan kami akan kembali lebih kuat," kata Jones.


Gubernur Virginia Glenn Youngkin mengatakan, dia telah menawarkan bantuan kepada pejabat lokal. Selain itu, dia menyatakan pemerintahannya siap membantu dengan cara apapun.


"Saya terus memantau situasi. Dan berdoa untuk keselamatan semua siswa dan masyarakat," kata Youngkin.


Newton News adalah kota berpenduduk sekitar 180.000 jiwa. Kota tersebut terletak sekitar 112 Kilometer di selatan Ibu Kota Negara Bagian Richmond. (Sumber : KBRN/Red)