JAGUARNEWS77.com // Jakarta -Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membawa eks Gubernur Papua LE ke gedung Merah Putih KPK. Sebelumnya LE dibantarkan dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.


"Betul (membawa ke KPK, red), hari ini (12/1/2023). Informasi yang kami peroleh Tsk (tersangka, red) LE sudah selesai menjalani pembantaran penahanannya," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).


Menurut Ali, tim medis menyatakan LE telah sehat dan dapat menjalani pemeriksaan penyidikan. Dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat dirinya.


"Dari pemeriksaan tim medis saat ini yang bersangkutan telah dinyatakan fit to stand trial. Sehingga dapat dilakukan  pemeriksaan dalam rangka kelengkapan berkas perkaranya," ujar Ali dan mengatakan, pemeriksaan akan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK.


Lembaga Antirasuah memastikan, hak LE sebagai tersangka juga akan dipenuhi KPK. "Kami pastikan KPK penuhi seluruh prosedur hukumnya, hak-hak tersangka juga tetap kami penuhi sebagaimana ketentuan hukum berlaku," kata Ali menutup.


Sebelumnya, KPK dibantu Brimob Polda Papua menangkap LE di Kota Jayapura pada Selasa (10/1/2023). LE tidak langsung di bawa ke KPK dan dibantarkan di RSPAD Gatot Subroto.(Sumber : KBRN/Red)