JAGUARNEWS77.com // Grobogan, Jawa Tengah - Banjir di delapan kecamatan Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, mulai surut. Banjir tersebut sempat melanda 20 desa yang tersebar, seiring menurunnya intensitas hujan.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan menjelaskan banjir melanda 20 desa di wilayah Kecamatan Purwodadi. Mereka di antaranya Grobogan, Brati, Klambu, Godong, Tawangharjo, Kradenan, dan Ngarinan.


"Per Rabu (4/1/2023) pukul 17.00 WIB, genangan banjir di lima kecamatan sudah surut," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Grobogan Masrikan di Grobogan, Kamis (5/1/2023). 


Menurutnya, banjir yang surut berada di Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Tawangharjo, Godong, dan Kradenan. Permukiman warga yang tergenang akibat banjir sudah berkurang signifikan.


Masrikan mengatakan sebelumnya banjir menggenangi 2.419 rumah dan 14 fasilitas pendidikan. Saat ini, hanya 187 rumah yang masih tergenang. 


Rumah warga yang masih tergenang tersebar di Desa Lemahputih, Krangsari, Temon, dan Kronggen di wilayah Kecamatan Brati. Banjir juga masih menggenangi persawahan di Kecamatan Brati, Godong, dan Klambu. 


Selain banjir, hujan lebat menyebabkan tanah longsor di Kecamatan Ngaringan. Desa yang terdampak berada di Desa Kalisari dan Kalanglundo.


"Meskipun banjir mulai surut, petugas BPBD bersama relawan tetap siaga dalam menghadapi kemungkinan banjir datang lagi, karena musim hujan belum berakhir," ujarnya. (Sumber : KBRN/Red)