JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, telah menyiapkan personel untuk mengamankan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Sigit mengungkapkan, 166.791 personel akan dikerahkan demi kelancaran dan keamanan Nataru.


Hal itu disampaikan Kapolri usai mengikuti rapat terbatas terkait Nataru yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (19/12/2022). “Kemudian untuk rangkaian proses pengamanan itu sendiri kita melibatkan kurang lebih 166.791 personel,” kata Sigit.


Adapun personel tersebut terdiri dari aparat kepolisian, TNI, hingga stakeholder lainnya. Sigit berharap, para petugas itu dapat mengamankan perayaan nataru hingga berjalan lancar. 


“Terdiri dari 101 ribu personal Polri, kemudian ditambah dengan dari TNI. Tadi Pak Panglima (Laksamana Yudo) sampaikan tadi ada kurang lebih 23 ribu dan sisanya dari seluruh stakeholder terkait," ujarnya.


"Sehingga diharapkan semuanya ini bisa memberikan bantuan dengan tupoksinya masing-masing. Sehingga seluruh rangkaian berjalan dengan baik,” ucapnya.


Lebih lanjut Sigit mengungkapkan, setidaknya terdapat 56.636 objek vital yang akan diamankan saat Nataru. Puluhan ribu objek vital itu terdiri atas gereja, pusat belanja, hingga stasiun.


Sigit juga mengungkapkan, ada 2.629 posko yang disiapkan saat tahun baru yang terdiri atas posko pengamanan, posko pelayanan, dan posko terpadu. "Posko pengamanan itu posko yang kita dirikan di tempat-tempat ibadah ataupun di tempat wisata, tempat belanja," ujarnya. 


Menurutnya, posko pelayanan utamanya terkait dengan masalah pelayanan di arus balik dan arus mudik. Baik di jalan tol maupun arteri.


“Posko terpadu tentunya posko yang di dalamnya terdapat artikel terkait, termasuk di dalamnya mengantisipasi apabila terjadi bencana alam. Apalagi hujan yang sangat tinggi dan hal-hal yang terkait dengan hal tersebut,” ujarnya.(sumber : rri.co.id/Red)