Ketersediaan lahan seluas 10.000 hektare tersebut tersebar di Kecamatan Maja, Sajira, Rangkasbitung, Kalanganyar, dan Cileles


JAGUARNEWS77.com // Lebak, Banten - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyediakan lahan seluas 10.000 hektare untuk kawasan pertumbuhan ekonomi baru, sehingga dapat menyerap lapangan pekerjaan.


"Kita memastikan kawasan pertumbuhan ekonomi baru nanti dapat menyerap ribuan tenaga kerja lokal," kata Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Lebak Ajis Suhendi di Lebak, Banten, Kamis.


Menurut dia, ketersediaan lahan seluas 10.000 hektare tersebut tersebar di Kecamatan Maja, Sajira, Rangkasbitung, Kalanganyar, dan Cileles


Ajis mengatakan Pemerintah Kabupaten Lebak tidak mempersulit bagi investor yang menanamkan modalnya di daerahnya guna mempercepat pembangunan, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.


Kehadiran investor itu, lanjutnya, dipastikan mampu menyumbangkan tambahan pendapatan domestik regional bruto (PDRB), sehingga memberikan efek ekonomi cukup besar.


Pertumbuhan ekonomi masyarakat dipastikan bangkit dengan adanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru, sehingga melahirkan kawasan industri, jasa, perdagangan hingga transportasi, ujarnya.


"Kami meyakini kawasan pertumbuhan ekonomi baru itu dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya menjelaskan.


Menurut Ajis, di kawasan pertumbuhan ekonomi baru itu nantinya para investor membangun aneka usaha mulai pabrik manufaktur, suku cadang kendaraan, hingga produk makanan olahan dari perikanan, perkebunan, dan pertanian.


"Para investor melirik Kabupaten Lebak, karena terdapat Jalan Tol Serang-Panimbang dan juga lokasinya sangat strategis, karena berdekatan dengan pusat Ibu kota Jakarta," katanya.


Selain itu, tambahnya, juga terdapat prasarana transportasi rel kereta api, Pelabuhan Cilegon dan Bandara Soekarno-Hatta, serta infrastruktur kelistrikan di Suralaya Cilegon dan Labuan.


Begitu juga, Lebak memiliki pasokan air cukup besar dari kawasan Waduk Karian juga terdapat dua daerah aliran sungai (DAS) Ciliman dan Cidurian.


"Kami tentu memberikan kemudahan bagi investor agar pembangunan Lebak lebih maju dan bisa sejajar dengan wilayah Tangerang Raya," kata Ajis.


Sumber artikel : Antara (Red)