• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Sri Mulyani Buka-bukaan Soal Inflasi RI, Jangan Kaget!

    02/08/22, 08:49 WIB Last Updated 2022-08-02T01:50:19Z


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) membawa kabar yang kurang mengenakkan. KSSK menyebut tren inflasi domestik saat ini menunjukkan tren yang meningkat.


    Hal tersebut dikemukakan Ketua KSSK sekaligus Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers. Pernyataan yang dilontarkan Sri Mulyani ini merupakan hasil rapat berkala III KSSK yang beranggotakan Bank Indonesia (BI), OJK, dan LPS.


    "Laju inflasi menunjukkan tren meningkat," kata Sri Mulyani, Senin (1/8/2022).

    Sri Mulyani menyebut peningkatan tren inflasi tak lepas dari kenaikan harga komoditas dunia serta gangguan pasokan pangan. Pada Juli, laju inflasi tercatat 4,94% year on year (yoy) meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.


    "Bahkan posisi inflasi akhir triwulan pertama masih pada tingkat 2,64%," jelasnya


    Meski demikian, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan bahwa inflasi inti nasional masih tetap terjaga pada tingkat 2,86% yoy sejalan dengan upaya Bank Indonesia (BI) menjaga ekspektasi inflasi.


    "Sinergi dan koordinasi terkait pengendalian inflasi dilakukan oleh BI bersama dengan pemerintah, termasuk meningkatkan koordinasi dan sinergi forum pengendalian inflasi pemerintah pusat dan tim pengendali daerah," jelasnya.


    Adapun inflasi kelompok volatile food mengalami kenaikan terutama akibat kenaikan harga pangan global, dan terganggunya pasokan global. Sementara dari sisi harga yang diatur pemerintah, pun juga mengalami kenaikan.


    Sumber : cnbc indonesia
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini