• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Perhatian, Baduy Ditutup Selama 3 Bulan

    06/02/22, 09:28 WIB Last Updated 2022-02-06T02:30:48Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Desa wisata Baduy ditutup selama tiga bulan. Mereka akan mengadakan aneka ritual.
    Tempat wisata perkampungan Suku Baduy di Lebak harus ditutup sementara selama tiga bulan. Pasalnya, warga suku Baduy tengah melaksanakan ritual Kawalu dimulai tanggal 5 Februari hingga 5 Mei 2022.


    Perkampungan yang ditutup diantaranya Kampung Cibeo, Cikeusik, dan Cikawartana. Penutupan kawasan Baduy tertuang dalam Surat Edaran Nomor 430/01/Pem-Des/2001/02/2022.


    "Berdasarkan keputusan Lembaga Adat Tangtu Tilu Jaro Tujuh, menutup kawasan Baduy dari pengunjung selama ritual Kawalu," ucap Jaro Saija, salah satu perangkat adat di Baduy kepada detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (5/1/2022).


    Ritual Kawalu selalu dilakukan selama satu tahun sekali pada 1 kalawu tembey sampai dengan 1 Safar. Ritual ini dijalankan sebelum upacara Seba Baduy.


    "Iya kita seperti puasa, untuk berdoa. Jadi tidak diperbolehkan pengunjung masuk ke kawasan Baduy dalam," ucapnya.


    Sementara perkampungan Baduy Luar masih bisa dikunjungi. Perkampungan yang dibolehkan dari Ciboleger sampai ke perkampungan Gajeboh. Namun, harus mendapat izin dari pemerintah adat setempat.


    "Yang ditutup sementara itu Baduy Dalam, tapi kalau berkunjung ke Baduy Luar masih dibolehkan. Hanya tamu dari instansi pemerintah, atau tamu yang ingin penelitian itupun dibatasi satu atau dua orang," pungkasnya.


    Artikel ini telah tayang di detikTravel, d3ngan judul : "Perhatian, Baduy Ditutup Selama 3 Bulan" (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini