• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Hasil Survei, Ini 3 Partai Politik yang akan Mendominasi Pemilu 2024

    06/02/22, 09:40 WIB Last Updated 2022-02-06T02:40:15Z
    hasil-survei-ini-3-partai-politik-yang-akan-mendominasi-pemilu-2024
    Foto Ilustrasi. Petugas Linmas menyemprotkan cairan disinfektan ke area Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat simulasi pemungutan suara Pilkada serentak di Alun-Alun Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020). (Sumber: Kompas.tv/Ant/IRFAN ANSHORI)


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta -  Center for Political Communication Studies (CPCS) telah melakukan survei selama periode 21 sampai 31 Januari 2022.


    Hasilnya, menunjukkan tingkat elektabilitas tiga partai politik diperkirakan mendominasi pada pemilihan umum atau Pemilu 2024 mendatang.


    Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta mengatakan ketiga partai politik tersebut antara lain PDI Perjuangan atau PDIP, Partai Gerindra, dan Golkar. 


    Adapun torehan angka yang diraih ketiga partai politik itu masing-masing PDIP sebesar 15,8 persen, Gerindra 13,0 persen dan Golkar 8,1 persen.


    Namun demikian, Okta menuturkan, tingkat elektabilitas sejumlah partai politik cenderung menunjukkan stagnan atau tidak ada perubahan.


    Okta mengungkapkan satu partai politik yang menunjukkan kenaikan ditunjukkan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mencapai 5,1 persen atau menduduki posisi lima besar di bawah PKB (6,5 persen).


    Okta mengungkapkan kecenderungan elektabilitas PSI meningkat karena faktor sikap kritisnya terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


    Sikap kritis itu disampaikan terkait pembangunan stadion dan penanganan banjir yang berpengaruh terhadap elektoral partai yang menyasar generasi milenial itu.


    Sebagai catatan, PSI belum mendapatkan kursi di tingkat DPR RI pada Pemilu 2019, namun sudah meraih perwakilan di tingkat DPRD DKI Jakarta.


    “Di balik serangan kritik PSI terhadap Anies, terjadi semacam simbiosis mutualisme yakni baik PSI maupun Anies sama-sama berjuang untuk bisa maju ke kancah nasional,” ujar Okta.


    Ia menilai DKI Jakarta sebagai barometer politik nasional sehingga menjadi ajang rebutan berbagai kekuatan politik.


    Selain lima partai di atas, elektabilitas partai politik lainnya yakni Partai Demokrat berada id posisi 6 dengan torehan angka 5 persen, disusul PKS 4,6 persen, dan Nasdem 4,3 persen.


    "Dengan modal elektabilitas yang ada, parpol-parpol tersebut bisa mengamankan diri di atas ketentuan ambang batas parliamentary threshold sebesar empat persen,” tutur Okta.


    Sementara itu, partai politik yang harus berjuang untuk lolos aturan ambang batas, yakni PPP 2,6 persen dan PAN 1,5 persen.


    Pihak CPCS melakukan survei wawancara tatap muka langsung terhadap 1.200 orang responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia.


    Adapun metodenya menggunakan "multistage random sampling periode 21-31 Januari 2022 pada tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat kesalahan kurang lebih 2,9 persen.


    Artikel ini telah tayang di kompasTV (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini