• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    KKM Untirta Tingkatkan Produktifitas UMKM

    25/01/22, 11:40 WIB Last Updated 2022-01-25T04:40:25Z
    JAGUARNEWS77.com # Serang, Banten - Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 39 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2022 merupakan kegiatan akademik di lapangan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berkehidupan masyarakat sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing.

    Dalam menjalankan Kegiatan Akademik di lapangan, Kelompok KKM 39 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melakukan KKM di Desa Siketug kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten yang diketuai oleh Endang Purnama dan beranggotakan 20 Mahasiswa di berbagai Program Studi dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Desa Siketug guna mengoptimalisasi ekonomi kreatif dan sosial budaya" dari tanggal 12 Januari s/d 11 Februari 2022.


    Kegiatan Sosialisasi KKM dengan tema “MEWUJUDKAN UMKM GUNA PRODUKTIFITAS DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN NILA” bertempat di Majelis Kampunh Ciakar, Desa Siketug, Kecamatan Ciomas, Kabupaten serang – Banten yang diadakan pada Hari Sabtu, Tanggal 23 Januari 2022, yang merupakan salah satu program kerja Kelompok KKM 39 Untirta.

    Masyarakat Desa Siketug begitu antusias untuk mengikuti acara tersebut karena dihadiri lebih dari lebih dari seratus Orang dari berbagai macam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mereka jalani baik dibidang pertanian, perternakan, budidaya ikan maupun produk barang olahan seperti emping dan lain-lain.


    Dalam program kerja sosialisasi "Mewujudkan UMKM guna produktifitas dan pengembangan budidaya ikan nila" disampaikan oleh pemateri Wawan Hermawan S.E (KKMB Provinsi Banten) menjelaskan bahwa ikan nila memiliki nilai jual tinggi. Ikan nila  yang kembangkan jenisnya dan memiliki nilai jual tinggi dan waktu panen yang cepat

    Dilanjutkan oleh Pemateri berikut nya mengenai pasca panen budidaya ikan nila yang disampaikan oleh Dr. Sakinah Haryawati S.pi., Msi (Dosen Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) menjelaskan Penanganan pasca panen dalam kondisi ikan hidup dan mati akan berbeda nilai ekonomis nya. Ikan yang dijual dalam kondisi hidup dapat jauh lebih tinggi mahal nilai jual nya. Berbagai banyak olahan dari Ikan nila yang dapat dijadikan sumber ekonomi untuk masyarakat.


    Disela acara Rizaldi Winandi Putra yang akrab dipanggil Zaldi sebagai Mahasiswa Jurusan Pertanian dan salah satu anggota KKM sangat senang karena acara tersebut didukung oleh Ketua DPD KKMB Provinsi Banten dan Ketua DPD Media Center Indonesia Provinsi Banten. “Saya sangat senang karena acara KKM Kami didukung oleh para Konsultan dan Media Center Indonesia yang telah bersedia untuk mendorong KKM dan Masyarakat dan banyak solusi-solusi yang disampaikan oleh mereka" ujar Zaldi.


    Dilanjutkan pada sesi Materi berikutnya yaitu diskusi UMKM yang disampaikan oleh Syafri Muharam S.E (Ketua DPD MCI Provinsi Banten bersama Wawan Hermawan (Ketua KKMB Provinsi Banten dan sebagai Moderator adalah Sdr. Rizaldi Winandi Putra. 


    Didalam pembukaan diskusi Syafri Muharam menyampaikan bahwa “MCI akan mendukung penuh para UMKM Khusus nya di Provinsi Banten agar dapat Naik Kelas dan dapat memajukan Desa Siketug” ujarnya.


    Acara diskusi berjalan cukup komunikatif antara Masyarakat dan Pemateri. Adapun kesimpulan dari diskusi tersebut adalah Mari Bersama sama dengan Masyarakat, Mahasiswa, Perangkat desa dan pembina Usaha mengembangkan potensi di Desa Siketug sebagai sumber ekonomi dari kita untuk kita.


    Kegiatan berjalan dengan tertib dan antusias dari Masyarakat serata para kelompok KKM 39 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2022.
    (MCI/BARDHA K/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini