• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Coffee Morning Awal Tahun, Lapas Rangkasbitung Refleksi bareng Pemuka dan Tamping

    04/01/22, 22:21 WIB Last Updated 2022-01-04T15:21:57Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Rangkasbitung, yang diwakili Kasubsi Pembinaan dan staf menggelar coffee morning awal tahun bersama seluruh Pemuka dan Tamping (sebutan Narapidana Pembantu tugas) guna memberikan penguatan, pengarahan dan bimbingan terkait tugas dan fungsi serta kewajiban yang harus dilakukan setiap hari, Selasa (04/01).

    Pemuka dan Tamping adalah para narapidana yang dipercaya pada suatu bidang pekerjaan untuk mendukung pelaksanaan Pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Mereka adalah narapidana yang berkelakuan baik, bertanggung jawab, mampu bekerja dan dapat menjadi teladan bagi Narapidana lainnya.

    Proses pengangkatan pemuka dan tamping dilakukan melalui berbagai tahapan mulai dari usulan wali pemasyarakatan, kemudian dibahas dalam sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang mempertimbangkan sejumlah instrumen penentu, jika disetujui selanjutnya akan disahkan melalui Surat Keputusan Kalapas sesuai dengan Permenkumham No. 9 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permenkumham No. 7 Tahun 2013 tentang Pengangkatan Pemuka dan tamping.

    Eka Yogaswara selaku Kasubsi Pembinaan menekankan agar setiap Pemuka dan tamping melaksanakan tugasnya dengan ikhlas dan bertanggung jawab. Ia juga mengatakan bahwa tentunya mereka mendapat penilaian tersendiri yang akan menjadi pertimbangan proses reintegrasi sosial.


    "Pemuka dan tamping dapat menjadi role model bagi WBP lain dan menjadi duta Pemasyarakatan dalam mensukseskan tahapan pembinaan di Lapas, WBP Lain akan mengikuti dan juga memiliki life skill sesuai tahapan pembinaan di Lapas, jadi bagi siapasaja yang sudah mendapat mandat tersebut agar dapat melaksanakannya dengan penuh rasa tanggungjawab", ujar yoga panggilan akrab Kasubsi Pembinaan


    "Tidak semua narapidana dapat ditunjuk menjadi pemuka maupun tamping, untuk itu saya meminta yang telah ditunjuk menjadi pemuka dan tamping untuk menjaga kepercayaan yang telah diembankan kepada masing masing, pembinaan narapidana harus semakin berkelas dan menciptakan output yang jelas" tegas Yoga


    Salah satu Pemuka sebut saja AL menyatakan siap mendukung semua program petugas dan Lapas
    “ya senang sudah diberikan kepercayaan, dan ini tentu sangat berharga harus dibuktikan dengan karya-karya pembinaan yang luar biasa dan kita optimis semua kita mampu” Pungkasnya (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini