• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Beda dengan Jaksa Agung, Dirdik Jampidsus Tegaskan Tetap Periksa Militer di Kasus Satelit Kemhan

    21/01/22, 19:49 WIB Last Updated 2022-01-21T12:49:39Z
    beda-dengan-jaksa-agung-dirdik-jampidsus-tegaskan-tetap-periksa-militer-di-kasus-satelit-kemhan
    Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin memberi keterangan pers terkait progres penyelidikan proyek pengadaan satelit slot orbit 123 bujur timur (BT) di Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada 2015-2021, Rabu (19/1/2022). (Sumber: KOMPAS TV)


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik JAMPidsus) Kejaksaan Agung Supardi menegaskan pihaknya akan tetap memeriksa anggota militer terkait kasus dugaan korupsi proyek Satelit Kementerian Pertahanan.


    “Ya pasti nanti akan diperiksa, tapi nanti levelnya dikoneksitas, jadi gitu," kata Supardi saat dikonfirmasi di Jakarta pada Kamis (20/1/2022).


    Pernyataan Supardi itu berbeda dengan ucapan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang menyebutkan bahwa Kejaksaan hanya akan melakukan penyelidikan terhadap tersangka sipil bukan militer.


    Menurut Supardi, adanya perbedaan penyataan tersebut bukan berarti Kejaksaan Agung inkonsisten. Namun, pihaknya sedang berkonsentrasi untuk memeriksa pihak swasta terlebih dahulu.


    "Jadi tidak ada istilah inkonsistensi. Kami memeriksa swasta dulu enggak apa-apa juga, kami melihat dulu,” tutur Supardi. 


    “Kalau sudah diperiksa, dilihat, oh ada militernya di sini, nanti kami langsung koordinasi ke JAMPidmil, nanti perkara jadi koneksitas.”


    Dalam perkara ini, Supardi menyebutkan, pihaknya fokus menangani perkara tersebut hingga secepatnya naik ke penyidikan. Dan kini pemeriksaan terhadap saksi-saksi telah dilakukan.


    Sementara itu, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAMPidsus) Febrie Adriansyah mengatakan akan melibatkan JAMPidmil dalam perkara tersebut apabila ditemukan unsur hukum koneksitas pada saat proses penetapan tersangka.


    Febrie mengatakan, koordinasi dengan JAMPidmil dilakukan karena kasus tersebut terjadi di Kementerian Pertahanan (Kemhan). Pelibatan JAMPidmil sudah dilakukan sejak awal penyelidikan.


    Bahkan sebanyak 11 orang yang dimintai keterangan pada tahan penyelidikan itu terdiri atas unsur sipil dan juga militer.


    Sejak Senin (17/1/2022) hingga Rabu (19/1/2022) sebanyak tujuh saksi telah diperiksa terkait pengadaan proyek Satelit Slot Orbit 123 derajat Bujur Timur di Kementerian Pertahanan tahun 2015-2020. 


    Saksi yang berasal dari kalangan sipil antara lain PY selaku Senior Account Manager PT Dini Nusa Kusuma (DNK), saksi RACS selaku Promotion Manager PT Dini Nusa Kusuma (DNK), dan AK selaku General Manager PT. Dini Nusa Kusuma (DNK).


    Kemudian dua saksi lainnya yang diperiksa pada Selasa (18/1/2022) adalah SW selaku direktur utama dan AW selaku Presiden Direktur PT Dini Nusa Kusuma.


    Di hari ketiga, Rabu (19/1/2022) dua saksi kembali diperiksa, yakni AMP selaku Solution Manager PT DNK, kemudian CWM selaku Senior Account Manager PT DNK.


    Diketahui, PT DNK sendiri merupakan pemegang Hak Pengelolaan Filing Satelit Indonesia untuk dapat mengoperasikan Satelit atau menggunakan Spektrum Frekuensi Radio di Orbit Satelit tertentu.


    Sejak perkara tersebut naik ke tahap penyidikan, Jumat (14/1), penyidik telah meminta keterangan sejumlah saksi yang semuanya berasal dari unsur sipil, yakni PT Dini Nusa Kusuma (DNK)


    Artikel ini telah tayang di kompas TV (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini