• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    36.920 Dosis Vaksin Corona untuk Tenaga Kesehatan Tiba di Padang

    05/01/21, 11:16 WIB Last Updated 2021-01-05T04:16:53Z

    JAGUARNEWS77.com # Padang, Sumbar - Sebanyak 36.920 dosis vaksin Corona(COVID-19) yang dialokasikan untuk Sumatera Barat tiba di Padang pagi ini. Vaksin Sinovac ini tiba melalui jalur darat dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.


    "Alhamdulillah, sudah sampai. Jumlahnya 36.920 dosis. Sementara kita simpan dulu sampai ada instruksi pelaksanaan kegiatan vaksin dari pemerintah pusat," kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar, Selasa (5/1/2021).


    Pelaksanaan vaksinasi menunggu instruksi dari pusat disebabkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih harus menunggu perizinan dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin yang tiba ini disimpan terlebih dahulu di Gudang Vaksin milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.


    Untuk tahap pertama ini, target yang akan disuntik vaksin adalah tenaga kesehatan, baik itu tenaga kesehatan PNS, swasta dan juga relawan. Data Dinas Kesehatan Sumbar, tenaga kesehatan dan relawan yang terdaftar sebanyak 40 ribu orang.


    36.920 Dosis Vaksin Corona untuk Tenaga Kesehatan Tiba di PadangVaksin Corona tiba di Kota Padang (Jeka/detikcom)


    "Namun yang akan masuk ke dalam penerima vaksin sekitar 18 ribu orang. Jumlah penerima vaksin hanya setengah dari jumlah dosis vaksinyang ada, karena pada pelaksanaan, masing-masing orang mendapat jatah dua kali penyuntikan," kata dia.


    "Tahap pertama ini tenaga kesehatan dulu. Tenaga kesehatan yang belum pernah positif terpapar COVID," ujar Lila.


    Untuk tahap kedua, lanjut dia, akan dilakukan vaksinasi untuk personel TNI dan Polri. Kemudian di tahap berikutnya vaksin untuk publik atau masyarakat umum.


    Vaksin nantinya akan didistribusikan ke 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Dosis yang didatangkan di tahap awal ini diyakini cukup untuk vaksinasi tenaga kesehatan dan pekerja di fasilitas kesehatan.


    Meski demikian, vaksin baru akan didistribusikan ke penerima begitu sudah ada instruksi lebih lanjut dari Kemenkes. Khusus Kota Padang, misalnya, akan dialokasikan sekitar 10 ribu dosis vaksin, yang akan digunakan untuk 5 ribu tenaga kesehatan.


    Sumber : detiknews.com

    Oleh      : M Alviyan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini