• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    BNPB: Ribuan Jiwa Terdampak Gempa Sumedang

    01/01/24, 23:10 WIB Last Updated 2024-01-01T16:10:15Z


    JAGUARNEWS77.com // Sumedang, Jawa Barat - Gempa bumi bermagnitudo (M) 4,1 dan 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023). Hal ini membuat sejumlah kepanikan warga yang ingin merayakan tahun baru. 


    Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkap ratusan kepala keluarga (KK) dan rumah terdampak. Akibat gempa yang diduga akibat Sesar Cileunyi-Tanjungsari.


    "Kurang lebih 382 KK atau 1.528 jiwa terdampak (pendataan), 248 orang pasien rawat inap RSUD Sumedang di Evakuasi ketempat aman. Lalu 83 orang pasien IGD RSUD Sumedang di evakuasi ke tenda darurat, dan 3 orang luka ringan," kata Abdul, Senin (1/1/2024).


    "Kerugian sarana prasaran maupun materil di antaranya sebuah rumah rusak berat. Termasuk 382 unit rumah rusak ringan dan tiang listrik roboh," ujarnya menambahkan.


    Abdul menyebut setidaknya tiga wilayah di Kabupaten Sumedang terdampak gempa tersebut. Yakni wilayah Sumedang Selatan, Tanjung Medar, dan Sumedang Utara.


    "Disamping itu juga dampak minor pada daerah sekitar antara lain Kabupaten Bandung. Ini turut juga merasakan dan terdampak meski tidak parah," ucapnya. 


    Abdul mengatakan petugas di lapangan sedang mendata warga yang rumahnya terdampak. Sehingga tidak menggunakan tenda pengungsian untuk saat ini. 


    "Masih di data karena warga yang rumahnya terdampak saat ini banyak yang menumpang sementara di rumah kerabat. Lalu saudara dan lainnya," katanya. 


    Lebih jauh, ia menegaskan, BPBD Provinsi Jawa Barat telah mengerahkan sumber daya. Guna membantu warga di Kabupaten Sumedang.


    "BPBD Kabupaten Sumedang bersama instansi terkait melakukan evakuasi masyarakat. Khususnya di daerah aman dan melakukan pemantauan terkait laporan dampak," ujarnya. 


    Sebelumnya, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan menduga gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Sumedang akibat sesar aktif Cileunyi-Tanjungsari. Diketahui gempa M4,8 dan sejumlah gempa susulan terjadi di Kabupaten Sumedang dan turut dirasakan di sejumlah wilayah sekitar.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul :"BNPB: Ribuan Jiwa Terdampak Gempa Sumedang" (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini