JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023. Sidang tahunan dilakukan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Rabu (16/9/2023).

Apabila tahun lalu Wapres mengenakan busana adat Solo, Jawa Tengah, kali ini ia hadir dengan mengenakan pakaian adat Betawi. Yaitu pakaian adat Demang khas Betawi, Provinsi DKI Jakarta. 

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna cerah. Selain itu juga terdapat hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai peci berwarna hitam. 

Pakaian adat Betawi yang dipakai Wapres ini memiliki makna kegagahan dan juga kesopanan. Sedangkan peci sebagai penutup kepala melambangkan ketaatan dan kecerdasan.

Sementara itu, Ibu Wury Ma’ruf Amin juga tampak anggun mengenakan kebaya nasional berwarna coklat. Kebaya tersebut dipadukan dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap.

Wapres dan Ibu Wury tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 09.00 WIB. Di lobi utama, Wapres disambut di oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sidang ini Wapres akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi. Terutama dalam rangka Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. 

Sekitar pukul 13.30 WIB, Wapres juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023–2024. Sekaligus mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya.

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD, tampak hadir pula para Mantan Presiden dan Wakil Presiden. Berikutnya Kepala Lembaga Negara, Duta Besar Negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hingga Mantan Pimpinan MPR/DPR/DPD. (Sumber : rri.co.id/Red)