JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan, peran jaksa dalam mengembalikan dan juga mempertahankan aset negara sangat penting. Hal ini disampaikan Presiden dalam amanat Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63, Sabtu (22/7/2023). 

"Peran jaksa sebagai pengacara negara sangat penting untuk melindungi kepentingan negara. Mencegah penyalahgunaan keuangan negara, mempertahankan dan mengembalikan aset negara, termasuk menyelesaikan sengketa tanah negara dan sengketa perdagangan internasional," ujar Presiden. 

Karenanya, Presiden berharap, Kejaksaan mampu meningkatkan kinerjanya guna mendapatkan kepercayaan publik. Terlebih di tahun 2022 lalu, kepercayaan publik kepada Kejaksaan terbilang tinggi. 

Presiden mengatakan, tingkat kepercayaan publik pada Agustus 2022 mencapai 75,3 persen. Namun, di Bulan Juli 2023, kepercayaan publik semakin meningkat menjadi 81,2 persen. 

"Ini sangat tinggi, ini angka tertinggi dalam kurun 9 tahun terakhir. Saya ingin mengucapkan selamat," kata Presiden. 

Presiden lantas meminta korps Adhyaksa untuk terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga terus menggerakkan reformasi di semua aspek layanan dan tingkatan. 

"Tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui perekrutan jaksa yang selektif melalui pelatihan yang intensif. Tingkatkan standar etika profesionalisme dan integritas jaksa," katanya. 

"Selamat menegakkan hukum, selamat menjunjung tinggi keadilan, selamat berjuang untuk kepentingan rakyat dan negara. Dirgahayu Kejaksaan Republik Indonesia," ujar Presiden mengakhiri. 

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : Presiden : Peran Jaksa Kembalikan Aset Negara Sangat Penting (Red)