JAGUARNEWS77.com // Pnom Penh - Timnas Indonesia U-22 berhasil memastikan satu tiket ke babak semifinal cabor sepak bola SEA Games 2023. Hasil ini didapat usai Skuad Garuda Muda mengalahkan Timor Leste 3-0 di Olympic Stadium, Pnom Penh, Minggu (7/5/2023) sore WIB.


Tim besutan Indra Sjafri memimpin 1-0 di babak pertama lewat Ramadhan Sananta. Sananta merobek gawang Timor Leste lewat sundulan setelah menyambut umpan silang Fajar.


Tim Merah-Putih menambah dua gol di babak kedua melalui dwigol Fajar Fathur Rahman. Pemain asal Borneo FC itu mencetak gol pertamanya di menit ke-62.


Gol bermula dari pergerakan Pratama Arhan di sisi kiri pertahanan Timor Leste, ia mengirim umpan ke Sananta sebelum diteruskan ke Fajar. Sang pemain yang mendapatkan sodoran bola di kotak penalti, sukses melepaskan tembakan akurat menggunakan kaki kirinya.


Fajar kembali mencetak gol di menit ke-75. Dia melepaskan tembakan pertama yang membentur mistar, namun menyambar bola rebound dengan tembakan akrobatik, membuat Indonesia memimpin 3-0.


Dalam sisa laga Timor Leste mencoba memperkecil jarak dan Indonesia juga berupaya menambah gol. Skor 3-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga bubar.


Berkat kemenangan ini, Indonesia semakin kokoh di puncak klasemenn Grup A sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Mereka mampu menyapu bersih tiga pertandingan awal dengan kemenangan.


Indonesia memimpin klasemen Grup A dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan. Mereka unggul lima angka atas tuan rumah Kamboja yang menduduki peringkat kedua. 


Adapun Kamboja menempati peringkat kedua dengan torehan empat poin dari dua pertandingan. Mereka baru akan melakoni laga ketiga fase grup kontra Myanmar pada Minggu (7/5/2023) pukul 19.00 WIB. 


Selain itu, perolehan poin Indonesia secara matematis telah mengamankan satu tempat di semifinal sepak bola SEA Games 2023. Meski kalah di pertandingan terakhirnya nanti, Indonesia perolehan poin Indonesia tidak akan terkejar oleh pesaingnya.


Meski demikian, Indonesia diyakini akan menyapu bersih seluruh pertandingan Grup A dengan kemenangan. Hal ini dilakukan supaya mereka keluar sebagai juara grup dan mempermuda langkah ke babak selanjutnya.


Susunan Pemain:


Indonesia: Muhammad Adisatryo; Ilham Rio Fahmi (Bagas 46'), Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan (Beckham 70'), Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta (Sroyer 70'), Witan Sulaeman (Irfan Jauhari 46').


Timor Leste: Georgino Da Silva, Jhon Frith Oliveira, Orceilo Da Silva, Anizo Correia, Cristevao Fernandes, Mouzinho De Lima, Zenivio Mota, Olagar Xavier, Joao Halle, Luis Figo, Ricardo Bianco. (Sumber : KBRN/Red)