JAGUARNEWS77.com // Tangerang, Banten - Sebanyak 5.006 jemaah calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno Hatta. Mereka berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Banten dan juga Lampung.

"Di Bandara Soekarno Hatta, hingga saat ini Garuda Indonesia telah memberangkatkan 4.230 jemaah calon haji. Tahun ini Garuda Indonesia akan menerbangkan 140 ribu jemaah calon haji," ungkap Irfan Setiaputra, Dirut Utama Garuda Indonesia, Sabtu (27/5/2023).

Selebihnya, sambung Irfan, jemaah calon haji diterbangkan Maskapai Saudia Airlines. Karena, tahun ini pemberangkatan dan pemulangan haji dilakukan oleh dua maskapai.

Senior Manager of Brand Comunication and Legal Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi menambahkan, jemaah calon haji harus melewati apron timur. Itu terhubung dengan makaron (pemeriksaan imigrasi jemaah haji oleh Pemerintah Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta).

"Mengapa lewat sisi udara? Karena secara aturan para jemaah haji harus steril dan masuk melalui ruangan yang telah disiapkan dan terhubung dengan makaron," katanya, menjelaskan.

Hal itu, lanjut dia, untuk memudahkan jemaah haji saat tiba di Mekah atau Madinah. Karena, di sana mereka tidak lagi diperiksa dokumen keimigrasiannya. 

"Jadi pemeriksaannya dilakukan di awal di Bandara Soekarno Hatta ini. Setelah dilakukan pemeriksaan atau makaron para jemaah haji akan ditempatkan di ruang tunggu untuk selanjutnya diterbangkan menggunakan Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines," imbuhnya (Sumber : KBRN/Red)