JAGUARNEWS77.com // Makassar - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan penghargaan pada daerah berprestasi meraih kinerja tertinggi secara nasional. Penghargaan diserahkan Tito dalam Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke-27, di Anjungan City Of Makassar, Sabtu (29/4/2023).


"Saya ucapkan terima kasih kepada penerima penghargaan. Mudah-mudahan akan memotivasi semangat kita untuk terus dapat melaksanakan tugas sesuai sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada," kata Tito.


Pemberian penghargaan didasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2022. Tito mengharapkan, bagi pemda belum berhasil memperoleh penghargaan menjadikan peringatan Hari Orda sebagai momentum introspeksi. 


Selain itu, lanjutnya, dijadikan kontemplasi untuk bekerja lebih baik dan berprestasi. Sehingga, lanjutnya, mampu mandiri secara fiskal.


"Karena ujung dari otonomi daerah adalah kemandirian fiskal ditandai Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih banyak dari transafer pusat. Daerah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus bergantung dengan pemerintah pusat," kata Tito.


10 pemerintah kota penerimaan penghargaan penyelenggaraan pemerintahan terbaik yakni Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Bogor. Lalu Denpasar, Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Pare-Pare.


Sementara 10 pemerintah kabupaten penerima penghargaan yakni Banyuwangi, Sumedang, dan Badung. Kemudian Karanganyar, Sidoarjo, Kulon Progo, Wonogiri, Hulu Sungai Selatan, Konawe, serta Bojonegoro.


Kemudian, ada tiga provinsi menerima penghargaan. Di antaranya, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur. (Sumber : KBRN/Red)