JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Pemerintah bakal menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa beras lewat Kementerian Sosial (Kemensos). Bansos beras tersebut sesuai rencana akan di berikan selama 3 bulan mulai Maret-Mei 2023.


"Perlu juga ada program dari Pak Presiden melalui Kemensos. Bahwa kami harus menyalurkan bantuan sosial berupa beras," ungkap Direktur Utama Perusahaan Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), Budi Waseso usai mengecek langsung ketersediaan beras di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3/2023).


Budi menyampaikan, pihaknya ikut di tugaskan pemerintah untuk menyuplai bansos tersebut, mengingat Bulog memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Sesuai mekanisme, setiap satu bulan sekali para keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima bantuan sebanyak 10 kilogram beras.


Menurut Buwas pada bulan Maret 2023 pihaknya akan mengalokasikan cadangan beras hingga 210.000 ton untuk kebutuhan bansos tersebut. "Jadi kalau tiga bulan berarti itu enam ratus ribu ton," ucapnya. 


Lebih lanjut Buwas menyebutkan saat ini pihaknya memiliki CBP sebanyak 282.000 ton. Di sisi lain, penyerapan beras petani lokal juga tengah berjalan pada musim panen raya saat ini. (Sumber : KBRN/Red)