JAGUARNEWS77.com // Jayapura - Prajurit TNI dari Kodim 1715/Yahukimo gugur menjadi korban serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Rabu (1/3/2023). Dalam kontak tembak tersebut juga membuat dua prajurit lainnya mengalami luka-luka.


Kronologi kontak tembak antara KKB dan TNI terjadi di Kilometer 4, Jalan Paradiso, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. Hal itu disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Herman Taryaman.


“Tadi sekitar jam 15.20 terjadi kontak tembak antara KST dan prajurit TNI dari Kodim 1715/Yahukimo. Ada 3 orang prajurit yang menjadi korban, satu diantaranya meninggal dunia,” kata Herman, Rabu (01/03/2023).


Kapendam menyebut, satu prajurit yang meninggal atas nama Pratu LW. Sementara dua prajurit TNI lainnya yaitu Pratu NS dan Sertu RS mengalami luka tembak. 


“Saat ini ketiga korban sudah dievakuasi ke RSUD Yahukimo untuk penanganan lebih lanjut. Sementara untuk dua orang prajurit TNI yang terkena luka tembak, kondisinya masih sadar, dan saat ini sudah mendapatkan perawatan medis,” ujarnya.


Ditambahkan Kapendam, hingga pukul 16.20 WIT, aksi kontak tembak antara TNI dan KKB masih berlangsung. Sementara masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian sudah menemukan diri ke sejumlah lokasi yang cukup aman.


Ia menyebut, berdasarkan informasi Dandim Yahukimo, Letkol Johanis V. Tethool, juga dikabarkan ikut menjadi korban. Ia dikabarkan mengalami luka tembak dibagian kaki dan tangan (Sumber : KBRN/Red)