JAGUARNEWS77.com // Surabaya, Jawa Timur - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan beroperasinya Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur, Sabtu (18/3/2023). Rumah ibadah yang berlokasi di Jalan Raya Dukuh Kupang, Dukuhpakis, Surabaya, itu mampu menampung sekitar 3.600 jemaah. 


Khofifah berharap masjid ini mampu memberikan manfaat dan nilai tambah bagi jamaah dan masyarakat sekitarnya. "Tugas kita memakmurkan masjid sekaligus jemaahnya," kata Gubernur Jatim. 


Artinya, masjid ini akan menjadi wadah dan sarana untuk memberikan pendampingan pada jamaah dalam sektor wirausaha. Apalagi lokasi Masjid Raya ini sangat dekat dengan lingkungan eksekutif dan kantor-kantor lembaga strategis. 


Di Masjid Raya ini juga terdapat kantor Baznas Jatim, yang memiliki berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Misalnya Zakat Produktif atau Z-Chicken bagi driver ojek online wanita.


Selanjutnya Khofifah menginginkan agar Masjid Raya Jatim bisa memberikan tambahan ilmu bagi jamaah. “Jadi selain untuk beribadah dan pemberdayaan ekonomi, tempat ini bisa dijadikan wadah berbagi ilmu dari para pakar," ujarnya. 


Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur ini merupakan masjid raya pertama di provinsi tersebut. "Sebelumnya, secara kualifikasi Jawa Timur memang belum memiliki," kata Khofifah. .

Pembangunan masjid raya ini menelan dana sebesar Rp52,7 miliar berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur. Penentuan konsep desainnya dimulai pada 2020 dilanjutkan dengan fase perencanaan pada 2021 serta pembangunan fisik sejak September 2022.


Masjid Raya Islamic Centre berdiri di atas lahan seluas 6.406 meter persegi dengan luas bangunan 5.800 meter persegi. Terdiri dari dua lantai, yang secara keseluruhan dapat menampung hingga 3.630 jemaah. (Sumber : KBRN/Red)