JAGUARNEWS77.com // Brasil - Luiz Inacio Lula da Silva resmi dilantik menjadi Presiden Brasil pada Minggu (1/1/ 2023) waktu setempat. Ia dipilih kembali menjadi Presiden setelah sebelumnya pernah menjabat dari 2003-2010.


Dalam pidato pertamanya, dia menyatakan optimisme tentang rencana untuk membangun Brasil kembali. Lula da Silva juga berjanji bahwa anggota pemerintahan mantan Presiden sebelumnya yang bermasalah akan dimintai pertanggungjawaban.


"Saya bersumpah untuk mempertahankan dan mematuhi konstitusi. Saya juga berjanji untuk "menyelamatkan” 33 juta orang dari kelaparan dan 100 juta orang dari kemiskinan," tuturnya dikutip dari The Associated Press, Senin (2/1/2022).


"Dari reruntuhan yang mengerikan ini, bersama rakyat Brasil, saya memikul tanggung jawab untuk membangunnya kembali. Kami akan menjadikannya negara untuk semua golongan."


Lebih lanjut, Lula mengkritik pemerintahan mantan Presiden Bolsonaro. Ia mengatakan bahwa tim transisinya menggambarkan keuangan publik negara itu dalam kondisi "mengerikan”.


"Mereka (pemerintah sebelumnya) mengosongkan sumber daya Kementerian Kesehatan. Mereka merusak Pendidikan, Kebudayaan, Sains, dan Teknologi. Mereka menghancurkan perlindungan lingkungan. Mereka tidak menyisakan sumber daya untuk makanan di sekolah, vaksinasi, atau keselamatan publik,” kata Lula.


Selain itu, dia juga berjanji akan mencabut keputusan Bolsonaro yang melonggarkan kontrol senjata. Lula meminta pertanggungjawaban pemerintahan sebelumnya atas penyangkalannya dalam menghadapi pandemi Covid-19.


“Kami tidak membawa semangat balas dendam terhadap mereka yang berusaha menaklukkan bangsa dengan desain pribadi dan ideologis mereka. Namun, kami akan tetap memastikan supremasi hukum,” ucap Lula.


Pria berusia 77 tahun meraih masa jabatan ketiganya setelah mengalahkan petahana sayap kanan Jair Bolsonaro Oktober 2022. Lula mengalahkannya dalam sebuah pemilihan presiden paling ketat dalam beberapa dekade.


Minggu sore di lapangan terbuka utama Brasilia, pesta pelantikan berlangsung. Puluhan ribu pendukung berbaju merah dari Partai Buruh, partai yang mendukung Lula, bersorak setelah dia dilantik.


Lula mengatakan prioritasnya adalah memerangi kemiskinan, dan berinvestasi dalam pendidikan dan kesehatan. Dia juga mengatakan akan menghentikan deforestasi ilegal di Amazon.(Sumber : KBRN/Red)