JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan sudah mempersiapkan aturan di tempat-tempat rekreasi. Pengaturan tersebut telah dikoordinasikan dengan beberapa kementerian terkait libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023. 


"Insya Allah aman, tadi sudah kita koordinasikan dengan Menteri Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Menhub (Menteri Perhubungan), Menteri PUPR, juga Menteri Agama yang berkaitan dengan ibadah terutama untuk umat Kristiani," ujar Muhadjir saat ditemui di Malang, Jawa Timur, Jumat (16/12/2022). 


Dia mengatakan, nantinya perayaan tahun baru akan dilakukan semeriah mungkin dengan berbagai acara. Terkait hal itu, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Parekraf Sandiaga Uno. 


"Pak Sandi yang menyiapkan destinasi wisatanya terutama untuk perayaan tahun baru sama event," tambahnya. 


Pemerintah juga akan melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat. Ini membuat masyarakat bisa dengan bebas menonton pertunjukan. 


"Jadi nanti event juga dibebaskan dibolehkan semua mulai karnaval, pesta musik, pokoknya semua dibebaskan yang baik-baik. Tapi kalau yang tidak baik, nggak boleh, " katanya. 


Menko PMK menjelaskan prediksi puncak perayaan Natal akan terjadi pada tanggal 24-25 Desember. Sementara, puncak Tahun Baru diperkirakan sekitar tanggal  1-3 Januari 2023. (Sumber : rri.co.id/Red)