JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Badan Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara memastikan pembangunan infrastruktur IKN Nusantara semakin masif dilakukan dan berjalan sesuai rencana. 


"Di awal tahun depan semakin masif karena pekerjaan konstruksi juga akan meningkat intensitasnya,"  ujar Juru Bicara Tim Komunikasi Rencana Pemindahan IKN Sidik Pramono kepada Pro 3 RRI, Kamis (15/12/2022) malam.


Di sisi lain, Badan Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara juga sudah melengkapi organisasinya. "Proses seleksi juga terus berjalan untuk jabataan di level kepala biro dan direktur serta regulasi juga disiapkan saat ini," ujarnya.


Pemerintah, kata dia, juga menyiapkan RPP fasilitas dan kemudahaan usaha. Selain itu, ujarnya, masalah pemberian insentif dengan ptensial investor juga terus berjalan.


Kementerian PUPR, menurutnya, yang bertanggung jawab untuk pembangunan sejumlah fasilitas yang dibangun. "Termasuk hunian para pekerja yang dibangun di sana dapat menampung tenaga kerja yang terlibat dalam proses pekerjaan korntruksi di wilayah KIPP nanti," ucapnya.


Sidik memastikan ada tiga konsep dalam pembangunan IKN Nusantara yaitu konsep kota cerdas, kota hutan dan sport city. "Jadi nanti pembangunan IKN Nusantara akan menjadikan sebuah  transformasi budaya kita, cara kerja dan diharapkan akan terjadi perubahan," ujarnya. 


Badan Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara memberikan insentif kepada investor yang berminat berinvestasi membangun IKN Nusantara. "Tentu ada kemudahan-kemudahan perizinan yang akan diberikan," kata Sidik. 


Menurut Sidik, para investor berminat berinvestasi karena konsep pembangunan IKN. Yakni yang diusung dengan smart city dan berkelanjutan dengan pembangunan terukur membuat mereka menjadi tertarik.


"Ini menjawab tantangan ke depan memang seperti itu yaitu kota masa depan dengan Green City," ucapnya. Di sisi lain, ia memastikan pembangunan IKN Nusantara dilakukan dengan jangka panjang dan bertahap. 


"Ini pembangunannya long term dan konsep pembangunannya dalam lima tahap sampai tahun 2045. Tentu harapan kita dengan IKN Nusantara akan membuat pembangunan Indonesia yang lebih adil dan terdistribusikan dengan baik," ujarnya. 


Dengan demikian, ujarnya, diharapkan akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih suistanable dan potensi daerah dioptimalkan. 


"Keadilan antar daerah jadi lebih baik, tentu ini akan menjadikan sebuah jawaban atas visi kita. Yakni menjadikan IKN Nusantara menjadi kota dunia untuk semua," ujarnya (sumber : rri.co.id/Red)