JAGUARNEWS77.com // Cianjur, Jawa Barat -  Gempa bumi susulan masih mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Baru-baru ini, tercatat gempa berkekuatan 1,9 magnitudo (M) mengguncang Cianjur.


Kabar terkait itu di-posting oleh akun resmi Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, Kamis (15/12/2022). Gempa ini terjadi pada pukul 08:56:56 WIB tadi.


"6 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur," kata postingan BMKG, dikutip RRI. "Kedalaman 10 kilometer."


Pusat gempa berada pada koordinat 6,85 lintang selatan, dan 107,09 bujur timur. BMKG belum menginformasikan tentang wilayah mana saja yang merasakan getaran gempa.


BMKG menekankan, infomasi tersebut diambil beberapa menit setelah terjadi gempa. "Parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog," ujar BMKG.


Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan, terjadi 400-an gempa susulan. "417 gempa susulan di Cugenang, Cianjur," katanya dalam unggahan Twitter @DaryonoBMKG.


Daryono menekankan, kekuatan dan frekuensi ratusan gempa itu, semakin lama semakin melemah. "Mulai stabil," ujarnya.


Daryono mem-posting infomasi tersebut sebelum terjadinya gempa susulan berkekuatan 1,9 m. Artinya, gempa ini menjadi gempa susulan ke 418.


Ratusan gempa tersebut merupakan efek dari gempa bermagnitudo 5,6 yang sempat menguncang Cianjur. Gempa besar ini terjadi pada akhir November lalu.


Gempa ini menyebabkan lebih dari 334 orang meninggal dunia, 593 luka berat. Tercatat pula ada  114.683 jiwa mengungsi.

Sumber : rri.co.id ( Red )