• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB

    07/09/22, 10:59 WIB Last Updated 2022-09-07T03:59:47Z

    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Abdullah Azwar Anas menjadi MenPAN-RB pengganti almarhum Tjahjo Kumolo. Pelantikan bakal digelar siang hari ini.


    Informasi mengenai pelantikan Azwar Anas menjadi MenPAN-RB baru ini dibenarkan oleh sumber detikcom di lingkungan pemerintahan, Rabu (7/9/2022). Soal kursi MenPAN-RB, pihak Istana menyatakan merupakan alokasi untuk PDIP setelah kosong sepeninggalan almarhum Tjahjo Kumolo.


    "Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo, tentunya ini keputusan bersama karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Seskab Pramono Anung di kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8).


    Azwar Anas sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022. Sebelum di LKPP, Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode (21 Oktober 2010-17 Februari 2021).


    Untuk diketahui, Azwar Anas menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia Fakutas Sastra (1994-1999) dan S1 IKIP Jakarta Fakultas Teknologi Pendidikan (1992-1998). Dia menempuh pendidikan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (2002-2005).


    Sebelum menjadi bupati, Anas tercatat pernah menjadi anggota MPR (1997-1999) dan anggota DPR (2004-2009).


    Dalam catatan detikcom, Anas punya sejumlah capaian saat memimpin Banyuwangi. Di antaranya, pada 2018-2019 Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri. Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).


    Adapun Anas juga menginisiasi program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan bergizi setiap hari secara gratis kepada warga lanjut usia dan pemberian uang saku setiap hari untuk pelajar kurang mampu.


    Di Banyuwangi, ada juga program Smart Kampung yang mendorong penggunaan teknologi dalam pelayanan publik berbasis desa. Nama Azwar Anas juga sempat mencuat sebagai salah satu kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang disebut Presiden Jokowi


    Artikel ini telah tayanh di detiknews, dengan judul : "Profil Azwar Anas yang Akan Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB" (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini