• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Ketum PPWI Tekankan Warga Terlibat Dalam Jurnalistik, Dengan Tidak Meninggalkan Tugas Utamanya

    30/09/22, 08:19 WIB Last Updated 2022-09-30T01:20:44Z
    JAGUARNEWS77.com # Karawang, Jabar -  Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (Ketum PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, menekankan pentingnya setiap warga masyarakat melibatkan diri dalam kerja-kerja jurnalistik. Namun demikian, menjalankan kegiatan jurnalisme tidaklah dimaksudkan agar kita meninggalkan pekerjaan utama dan beralih menjadi wartawan yang sehari-harinya melulu mencari dan mempublikasikan berita.


    Hal tersebut disampaikan Wilson Lalengke saat memberikan materi Jurnalisme Warga bagi peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik yang berasal dari kalagan pekerja atau buruh di Kabupaten Karawang, Kamis, 29 September 2022. Acara diklat itu diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam Elektrik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FPS LEM SPSI) Karawang bekerjasama dengan PPWI.


    "Saat ini, dengan dukungan media yang disediakan oleh jaringan internet berupa media online yang hampir tidak terbatas, setiap warga masyarakat semestinya masuk ke dalam lingkup kerja-kerja jurnalisme. Tapi bukan berarti, para peserta diklat harus meninggalkan pekerjaan utama yang digeluti selama ini kemudian masuk menjadi wartawan yang sehari-harinya cari berita. Kita memanfaatkan dunia jurnalistik itu untuk meningkatkan performa pekerjaan, usaha, bisnis, dan perjuangan kita, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama," jelas alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini dalam bagian materinya tentang Jurnalisme dan Pewarta Warga.


    Wilson Lalengke yang tampil di sesi pertama itu menguraikan secara sederhana terkait bagaimana media massa dapat mempengaruhi dan bahkan menciptakan sesuatu. Lulusan pasca sarjana dari tiga universitas bergengsi di Eropa itu (Birmingham University, Inggris; Utrecht University, Belanda; dan Linkoping University, Swedia - red) menggunakan contoh-contoh dan ilustrasi yang mudah dipahami peserta.


    "Pemberitaan di media massa pasti akan selalu diwarnai oleh framing atau sisi pemberitaan tertentu yang tujuan utamanya adalah untuk menggiring pemikiran pembaca, pendengar, dan pemirsa kepada sesuatu yang diinginkan pembuat berita atau penyebar informasi. Contohnya, selama 30 tahun lebih, Pemerintah Orde Baru mengisi konten media massa saat itu dengan informasi utama tentang padi, beras, dan nasi. Semua isi media massa, seperti televisi, koran, radio, dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya, semuanya pasti terkait dengan sawah, padi, beras, dan nasi sebagai makanan utama. Alhamdulillah, hasilnya Indonesia bisa surplus beras kala itu. Namun dampaknya, seluruh rakyat Indonesia, yang awalnya makan berbagai macam makanan sesuai daerah dan tradisinya, sekarang merasa belum makan jika belum makan nasi. Orang Papua yang dulunya terbiasa makan umbi-umbian dan sagu, sekarang dianggap kelaparan jika tidak ada beras di sana, sementara umbi dan sagu melimpah di daerahnya," jelasnya panjang lebar.


    Selain memberikan pemahaman tentang kekuatan media yang selalu digunakan untuk merekayasa situasi dan kondisi sosial masyarakat, Wilson Lalengke juga mengingatkan pentingnya mencari informasi sekomprehensif atau selengkap-lengkapnya tentang sesuatu hal sebelum mengambil kesimpulan atas sesuatu hal itu. Kesalahan dalam menarik kesimpulan atas sebuah berita berakibat kepada kesalahan bersikap yang pada akhirnya melakukan tindakan yang salah juga. Keadaan ini dia gambarkan melalui ilustrasi sebuah foto yang dipotong menjadi 3 bagian yang dapat berdiri sendiri-sendiri.


    "Ketika kita sambungkan ketiga potongan foto ini, maka kita akhirnya paham apa sesuangguhnya yang digambarkan pada foto tersebut. Demikianlah saat menerima sebuah informasi, sebaiknya jangan segera percaya dan langsung menyimpulkan, tetapi alangkah baiknya kita kumpulkan sebanyak mungkin informasi dari berbagai sumber tentang suatu hal atau masalah atau kejadian. Saat sudah terkumpul banyak informasi, kita pasti akan bisa mengambil kesimpulan yang lebih tepat dan benar, sehingga sikap dan tindakan yang mengikutnya juga akan tepat dan benar," beber Wilson Lalengke yang sudah melatih ribuan anggota TNI/Polri, PNS, Guru, mahasiswa, ormas, LSM, wartawan dan masyarakat umum di bidang jurnalsitik ini.


    Pada akhir pemaparannya, mantan guru SMA Plus Provinsi Riau dan SMK Negeri 2 Pekanbaru itu mengajak semua peserta untuk giat belajar dan berlatih jurnalistik, baik menulis maupun fotografi dan membuat video, dengan berbagai obyek dan peristiwa di lingkungan masing-masing setiap saat. Dengan selalu berlatih menulis, kata Wilson Lalengke, kita pasti menjadi penulis handal suatu saat nanti.


    "Tidak ada seorangpun penulis yang langsung hebat tanpa melalui proses panjang dan penulisan yang berulang ratusan bahkan ribuan kali menulis. Hal-hal sederhana, seperti kegiatan di tempat kerja, di kantor, di lingkungan rumah, di tempat demo, atau di jalanan dapat menjadi obyek tulisan. Jika dikemas dengan tehnik menulis yang baik, pasti akan menarik untuk dibaca atau ditonton orang lain," tutur Wilson Lalengke menjelang mengakhiri presentasenya.


    Materi selanjutnya adalah Tehnik Menulis Cepat berbasis Quick News System yang disajikan oleh Mung Punajarko, S.Sos, M.I.Kom (Ketua I DPN PPWI, Dosen Komunikasi Universitas Jayabaya Jakarta - red). Meteri ini membahas dan dan langsung praktek membuat tulisan dengan pola belanja informasi untuk mendapatkan data tentang Who doing What, When, Where, Why dan How. Melalui teknik menulis Quick News, setiap pewarta warga, juga wartawan pro., dalam menghasilkan tulisan berita dalam waktu singkat, hanya 5-10 menit, dengan jumlah kata minimal 150 kata, komplit informasinya berisi 5W+1H. (BK/Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini