• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Kerja Bakti di Lingkungan Pedesaan – Desa Lebak Asih Curugbitung

    03/07/22, 11:00 WIB Last Updated 2022-07-03T04:00:33Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Salah satu tradisi yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kerja bakti adalah salah satu wujud dari kehidupan bertetangga, merupakan kegiatan gotong royong untuk melakukan sebuah pekerjaan. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama – sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.


    Kerja bakti dapat berupa membersihkan lingkugan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan sepanjang jalan desa, membetulkan saluran air di pingir jalan, atau merapihkan fasilitas lainnya. Di Desa Lebak Asih Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan. Di masyarakat pedesaan seperti ini ada motivasi lain untuk mengikuti kerja bakti. Motivasi itu karena murni ingin membantu lingkungan, atau untuk kegotongroyongan dan manfaat sosial.
    Seperti hari Jum'at kemarin, 01/07/2022 warga Desa Lebak Asih melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan poros jalan desa. Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan utuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan pemerataan jalan yang berlubang.

    Hadir dalam giat tersebut, Bhabinsa BRIPKA Dahlan Wijaya SH. Para kaur Desa diantaranya  Sekdes, Ekbang/kesra dan staf  dan jaga desa (linmas) berikut RT/RW.


    Hadir juga Ketua JPKP DPC Curugbitung Hambali, beliau berpesan dalam giat ini bahwa hal ini demi membangun kerja sama atara para kaur Desa warga masyarakat dan organisasi masa demi terciptanya sinergitas dalam membangun desa.

    " Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Perbaikan jalan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, keindahan, dan keasrian lingkungan.
    Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Desa Lebak Asih ini," tutur Hambali.


     Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Dengan penuh semangat warga Desa  Lebak Asih membersihkan lingkungan disepanjang jalan lingkungan Desa Lebak Asih.


    Kepala Desa Lebak Asih, Sukron Ma'mun S.Pd saat di komfirmasi media mengatakan, 
    “Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih – bersih ini adalah membersihkan lingkungan Desa Lebak Asih agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim panca roba seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama – sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor,  adapun dana yang di gunakan bersumber dari perusahaan yg ada di lingkungan lebak asih, dengan pengerjaan tambal sulam pengecoran jalan desa di kampung lebak pinang," pungkasnya.
    *(BARDHA KHASWANDHA/Red)*
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini