• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Gempa Terasa di Jakarta, Depok, hingga Bogor, Kipas Angin dan Pot Bergoyang, Kasur Bergetar

    23/05/21, 15:50 WIB Last Updated 2021-05-23T08:51:11Z


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Gempa dirasakan oleh sejumlah warga di Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor, Minggu (23/5/2021), sekitar pukul 10.50 WIB.


    Sumber gempa diketahui berasal dari Sumur, Banten.


    Seorang warga Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bernama Farhan merasakan guncangan sekitar pukul 10.50 WIB.


    "Di Parung Panjang terasa banget," kata Farhan saat dihubungi melalui telepon.


    Dia mengatakan, guncangan terasa tidak hanya satu kali. Kurang lebih berselang empat menit setelah guncangan pertama, gempa susulan kembali terasa.


    "Jadi dua kali nih terasa, pertama lumayan keras. Kedua terasa lagi sekitar empat menit setelah gempa pertama," ucap dia.


    Dia mengatakan, tidak banyak orang yang menyadari terjadi gempa di kompleks tempat tinggalnya.


    "Enggak ada tetangga keluar, katanya di grup (WhatsApp kompleks) cuma ada empat orang yang rasain ada gempa," kata dia.


    Warga Tomang, Jakarta Barat, Nikelya, juga merasakan hal yang sama.


    Nikel mengatakan, saat gempa, dirinya yang sedang berada di lantai tiga rumahnya.


    Saat gempa terjadi, Nikel merasa pusing karena dalam kondisi hamil.


    Kipas angin di dalam kamarnya juga bergoyang.


    "Lihat kipas angin goyang-goyang, kondisi saya lagi santai, kasur juga getar tapi (terasa) cuma sebentar doang tadi. Lumayan agak pusing," kata Nikel.


    Gempa juga dirasakan oleh seorang warga Pamulang, Tangerang Selatan, bernama Ryana.


    "Tadi lagi tiduran di lantai kok lantainya kayak goyang kanan kiri gitu," kata Ryana.


    Ryana menyadari terjadi gempa setelah melihat informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


    Warga Cilodong, Depok, Firman, juga merasakan gempa saat berada di rumahnya.


    "Tadi jam 10.50 waktu gue lagi duduk di teras rumah ada berasa gempa. Gue tanya ke istri gue juga berasa katanya. Cuma beberapa detik aja sih rasanya," kata Firman.


    "Pohon di pot gantung goyang. Istri gue di kasur lagi ngelonin anak gue berasa kasurnya gerak-gerak," tambah dia.


    Pusat gempa di Banten


    Dalam rentang waktu dua menit, dua gempa bumi mengguncang wilayah Banten pada Minggu.


    Gempa bumi magnitudo 5,0 terjadi pukul 10. 48 WIB. Dua menit kemudian, pukul 10.50 WIB, Banten kembali diguncang gempa, kali ini berkekuatan 5,4 magnitudo.


    Pusat gempa pertama di 17 kilometer barat laut Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6.54 lintang selatan (LS) dan 105.47 bujur timur (BT).


    Sementara itu, lokasi pusat gempa kedua di 18 kilometer barat laut Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer (km) dengan koordinat 6.54 LS dan 105.46 BT.


    Dalam situsnya, BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.


    Namun, BMKG mengingatkan potensi gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. 



    Sumber : kompas.com

    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini