• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Bakamla Amankan Kapal Tanker Iran dan Panama, Ini Respons Teheran

    26/01/21, 10:33 WIB Last Updated 2021-01-26T09:18:39Z


    JAGUARNEWS77.com # Teheran, Iran – Iran meminta penjelasan dari Indonesia terkait penyitaan kapal berjenis motor tanker (MT) berbendera Iran.


    Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh pada Senin (24/1/2021) sebagaimana dilansir dari Reuters.


    Sebelumnya, petugas Badan Keamanan Laut ( Bakamla) mengamankan kapal MT Horseberbendera Iran dan kapal MT Freya berbendera Panama.


    Kedua kapal tersebut diduga melakukan transferbahan bakar minyak ( BBMilegal di perairan Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (24/1/2021).



    Khatibzadeh mengatakan, penyitaan kapal tersebut karena masalah teknis dan masalah itu sering terjadi dalam pengiriman menggunakan kapal.


    "Organisasi Pelabuhan kami dan perusahaan pemilik kapal sedang mencari penyebab masalah dan menyelesaikannya," kata Khatibzadeh dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.


    Kabag Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menyampaikan, kedua kapal tersebut diamankan ketika KN Marore-322 yang dikomandani Letkol Bakamla Yuli Eko Prihartanto melaksanakan operasi.


    Saat melaksanakan patroli, pukul 05.30 WIB, KN Marore-322 mendeteksi kontak radar diam dengan indikasi AIS dimatikan pada baringan 260 jarak 17NM posisi 00° 02' U - 107° 37' T.


    Guna memastikan, komandan KN Marore-322 memerintahkan untuk bergerak mendekati kontak dengan kecepatan 16 knot.

    Pukul 06.00 WIB, KN Marore-322 mendeteksi secara visual bahwa terdapat dua kapal berjenis MT yang sedang melaksanakan ship to ship diduga melakukan transfer BBM illegal.


    Kedua kapal tersebut masing-masing mampu membawa 2 juta barel minyak dan terakhir terlihat awal bulan ini di lepas pantai Singapura sebagaimana data yang ditunjukkan oleh Refinitiv Eikon.

                           Hp : 081905930326


    MT Horse merupakan kapal milik National Iranian Tanker Company (NITC), hampir terisi penuh dengan minyak.


    Sedangkan MT Freya, yang dikelola oleh Shanghai Future Ship Management Co, kosong data menunjukkan.


    NITC belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar dari Reuters.



    Sumber : kompas.com

    Oleh       : Redaksi jaguarnews77.com



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini