• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Foto Satelit Ungkap Iran Bangun Situs Nuklir Bawah Tanah

    18/12/20, 20:13 WIB Last Updated 2020-12-18T13:13:48Z
    Foto satelit mengungkap Iran sedang membangun fasilitas pengembangan nuklir bawah tanah di Fordo, di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS.
    Ilustrasi foto pembangunan fasilitas nuklir Iran. (Foto: Satellite image ©2019 Maxar Technologies via AP)

    JAGUARNEWS77. com # Iran - Iran diketahui sedang membangun fasilitas nuklir bawah tanah di Fordo di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat. Foto satelit yang dirilis memperkuat dugaan jika Iran tengah mengembangkan program nuklir.


    Sejauh ini Teheran belum mengakui secara terbuka ada konstruksi pembangunan situs nuklir bawah tanah di Fordo.

    Foto satelit yang diperoleh Associated Presssejauh ini juga belum belum jelas mengungkap tujuan pembangunan situs nuklir bawah tanah tersebut. Pembangunan ini dipastikan akan memicu kekhawatiran baru jelang hari-hari terakhir pemerintahan Presiden Donald Trump jelang transisi kekuasaan kepada Presiden terpilih Joe Biden.


    "Setiap perubahan di situs ini akan diawasi dengan cermat sebagai tanda ke mana arah program nuklir Iran," kata pakar studi Iran dari Middlebury Institute of International Studies, Jeffrey Lewis.


    Misi Iran di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak menanggapi komentar terkait foto satelit pembangunan fasilitas nuklir yang dimaksud. Senada, Badan Energi Atom Internasional juga menolak mengomentari hal tersebut.


    Gambar satelit yang diperoleh dari Maxar Technologies menunjukkan proyek fasilitas nuklir Fordo dimulai pada akhir September lalu. Konstruksi terlihat mulai dilakukan dekat kota suci umat Syiah, Qom atau sekitar 90 kilometer dari Teheran.


    Foto satelit yang diabadikan pada 11 Desember menunjukkan penggalian untuk fondasi sebuah bangunan dengan puluhan pilar. Pilar serupa bisa digunakan pada konstruksi bangunan yang berdiri di zona rawan gempa.


    Lokasi konstruksi proyek berada jauh di dalam gunung untuk melindungi dari potensi serangan udara. Fasilitas ini berada dekat bangunan pendukung dan riset lain di Fordo.


    Salah satu bangunan yang berada di dekat situs nuklir bawah tanah tersebut yakni Pusat Teknologi Vakum nasional Iran. Teknologi vakum merupakan salah satu komponen penting dalam sentrifugal gas uranium Iran, yang memperkaya uranium.


    Akun Twitter @Obs_IL awal pekan ini merilis gambar konstruksi pembangunan fasilitas nuklir Fordo. Dalam cuitannya Observer IL , pensiunan tentara Angkatan Pertahanan Israel mengatakan gambar yang diunggahnya berasal dari Institut Penelitian Dirgantara Korea Selatan.


    Kemunculan foto satelit ini memicu kekhawatiran lantaran Iran pada 2015 sepakat untuk menghentikan pengayaan uranium di Fordo. Sebagai gantinya, lokasi tersebut diubah menjadi 'pusat nuklir, fisika, dan teknologi'.


    "Lokasi ini adalah titik tegang dalam negosiasi yang mengarah pada kesepakatan nuklir Iran. AS bersikeras Iran menutupnya, sementara pemimpin tertinggi Iran mengatakan menyimpannya sebagai 'cadangan'," ujar Lewis.


    Namun kesepakatan yang berakhir buntu itu membuat Iran kembali melanjutkan proyek pengayaan uranium di Fordo. Disamping itu, Ira diketahui juga membangun fasilitas nuklir di Natanz. Hal tersebut diketahui setelah terjadi ledakan misterius pada Juli lalu yang ditengarai Teheran sebagai serangan sabotase.


    Sumber : cnn Indonesia

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77. com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini